Disnaker Tabalong Lakukan Oenyuluhan dan Bimbingan Jabatan Bagi Pencari Kerja

Disnaker Tabalong ketika lakukan penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi pencari kerja

TANJUNG, Klikkalsel.com – Dinas Tenaga Kerja Tabalong menggelar penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi pencari kerja di SMKS Tabalong, Selasa (21/05/2024).

Penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi pencari kerja di Bursa Kerja Khusus ini diikuti puluhan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Tabalong dari berbagai jurusan dan jenjang.

Sekretaris Disnaker Tabalong, Hady Ismanto menyampaikan bahwa penyuluhan dan bimbingan yang disampaikan kepada siswa ini sebagai modal dasar terkait informasi dunia kerja, agar para siswa yang lulus nantinya siap bersaing di bursa kerja.

Terlebih menurutnya, dari hasil mapping yang dilakukan Disnaker dengan perusahaan, peluang kerja bagi lulusan SMK sangat terbuka lebar.

“Sangat besar peluang kerja, makanya kemarin dari hasil mapping kami dengan pihak perusahaan itu tahun lalu memang pihak perusahaan sangat menginginkan lebih banyak mencari yang jurusan alat berat. Alat berat ini ada dua, ada yang mekanik, ada yang operator alat berat,” ujarnya.

Baca Juga : Sekda Tabalong Harapkan Perempuan Dari Berbagai Profesi di Bumi Saraba Kawa Bersinergi Dengan Pemda

Baca Juga : Pemkab Tabalong Berikan Dana Hibah Pengamanan Pilkada 2024

Hady mengatakan kedepan pihaknya bekerja sama dengan pihak Perkim dan PUPR untuk membangun workshop alat berat.

“InsyaAllah mudah-mudahan kami anggaran untuk meningkatkan BLK, jadi kami tahun ini bekerja sama dengan pihak Perkim dan PUPR untuk membangun workshop alat berat, itu ranahnya PUPR dan Perkim, dan kami yang membelikan alat beratnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMKS Tabalong, Nisful Taslim Nor menyambut baik digelarnya kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini sejalan dengan kerja sama yang telah terjalin baik antara dunia pendidikan, pemerintah daerah, serta swasta.

“Hari ini kami sangat beruntung sekali karena kami ditunjuk sebagai salah satu sekolah untuk penyelenggaraan penyuluhan persiapan calon tenaga kerja,” ucapnya

“Ini tentu akan memberikan tambahan pengetahuan bagi anak-anak kami tentang bagaimana proses rekrutmen calon tenaga kerja,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini, para siswa diberikan materi terkait peluang kerja di luar negeri oleh Kepala Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Kalsel, Fachrizal, serta materi terkait persiapan dasar untuk memasuki dunia kerja dari perwakilan perusahaan di Tabalong. (dilah/adv)