HSU

Dedikasi Pendidikan untuk Anak di Pelosok Banua HSU

AMUNTAI, klikkalsel.com – Tim Sudut Kota Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dengan berbagai macam latar belakang menjadi penggerak aksi dalam kegiatan dedikasi yang merupakan gambaran dari harapan dan aksi para pemuda-pemudi banua, untuk ikut andil dalam mencerdaskan anak bangsa.
Tim yang terdiri dari Siti Sumarni Duta GenRe yang juga Duta Lingkungan Hidup Kabupaten HSU bersama teman-temannya Syarif Hidayatullah yang merupakan Presiden BEM STIA Amuntai, juga Muhammad Ali, Saukani, Saini. A, Muhammad Farid, Ahmad Anwar Sawiti yang merupakan aktivis Kemahasiswaan, Kepramukaan dan Olahraga, mengedukasi anak-anak di Desa Telaga Mas Kecamatan Danau Panggang.
Siti Sumarni menjelaskan, bahwa penting bagi setiap anak-anak untuk mendapatkan pembelajaran dan pendidikan yang layak dimanapun mereka berada, selain itu juga dalam hal apapun diperlukan keterampilan yang memadai untuk bisa bersaing diera globalisasi modern, penanaman karakter juga menjadi dasar untuk mewujudkan generasi yang berbudi pekerti luhur.
Baca juga : Ingatkan Bahaya Karhutla, Maklumat Kapolda Kalsel Disebar Sampai Ke Desa Terpencil
“Kondisi sekolah yang memprihatinkan, jauh dari keramaian kota serta keterbatasan sarana dan prasarana ditambah lagi dengan adanya kondisi pandemi Covid-19 yang menjadi keterbatasan mereka untuk memperoleh ilmu pendidikan,” ujarnya. Selasa, (1/9/2020).
Menurut Marni sapaan akrabnya, generasi muda khususnya mahasiswa/i yang berkuliah di Amuntai perlu untuk bergerak dalam hal memberikan dedikasi kepada anak-anak sebagai eleman dari penerus cita-cita bangsa.
“Penting bagi anak-anak untuk terus mendapatkan pendidikan dan pembelajaran yang layak sebagaimana mestinya. Sehingga perlu adanya gerakan uluran tangan dari orang lain untuk menyelesaikan permasalahan tersebut,” tuturnya.
Senada dengan pernyataaan tersebut, Kepala Desa Telaga Mas, Haji Yani mengatakan, sangat terbantu dengan adanya kedatangan Tim Sudut Kota HSU dalam aksinya mendedikasikan keilmuan untuk bisa membantu anak-anak yang berada di desa tersebut.
“Para mahasiswa ini begitu kompak, santun dan ramah dalam memberikan pengajaran, pembinaan keterampilan dan penanaman karakter kepada anak-anak,” ungkapnya.
Dalam pengajaran yang diberikan, lanjutnya, untuk menyadarkan anak-anak betapa pentingnya pendidikan, penanaman karakter pun menjadi dasar untuk menempa mereka menjadi anak-anak yang beradab dan berbudi pekerti luhur.
“Maka dari itu juga bagi mahasiwa/i lainnya bergabung dalam kegiatan Sudut Kota HSU ini untuk meningkatkan kualitas diri sebagai promoter pendidikan,” tukasnya.
Kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari yang bertempat di aula Kantor Desa Telaga Mas Kecamatan Danau Panggang, dengan adanya pemberian bingkisan kecil sebagai apresiasi kepada anak-anak untuk tetap berjuang meski dalam kondisi pandemi. (doni)
Editor : Akhmad
To Top