Politik

Debat Final : BirinMu Sanjung Kinerja Pemerintah Soal Kelautan dan Perikanan, Denny Membantah

Debat Final Calon Gubernur Kalsel

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Debat pamungkas (final) kandidat calon Gubernur dan wakil Gubernur Kalsel antara pasangan Sahbirin Noor – Muhidin dan Denny Indrayana – Difriadi berlangsung hangat.

Debat yang diselanggarakan KPU Kalsel membahas tema Kesehatan, Insfratruktur, Sumber Daya Alam dan Energi, Sabtu malam (28/11/2020) malam di stasiun TVRI Kalsel yang disiarkan secara langsung.

Pada segmen pertama, kedua pasangan calon memaparkan visi-misi yang berkaitan dengan tema tersebut. Segmen kedua paslon diuji moderator soal penajaman visi misi oleh mederator dengan membacakan pertanyaan yang telah diundi 1 jam sebelum debat.

Pertanyaan berkaitan dengan Sumber Daya Alam dan Energi yakni bidang Kelautan dan Perikanan.

Paslon nomor urut 1 Sahbirin Noor – Muhidin mengatakan, pemerintah provinsi telah berkomitmen memperhatikan terkait Kelautan dan Perikanan. Dengan dikeluarkannya Perda 13 tahun 2018 Tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan atau Pulau-Pulau Kecil.

“Sesuai dengan potensinya termasuk perlindungan kawasan konservasi seperti terumbu karang dan hutan bakau. Pemerintah juga melaksanakan sentra kelautan dan perikanan terpadu di tanah bumbu dan kota batu untuk mengintegrasikan perikanan kelautan,” ujar calon gubernur petahana, Sahbirin Noor.

Sementara itu, pasangan calon nomor urut dua menilai pemerintah daerah belum begitu memperhatikan secara konkret masalah Kelautan dan Perikanan. Bahkan Denny mengatakan sumber daya kelautan adalah sumber daya terlupakan.

“Kami menyayangkan anggaran perikanan turun 85 persen. Ke depan ini tidak boleh terjadi lagi,” sanggahnya.

Denny mengatakan persaingan antara nelayan kecil yang kekurangan modal mengeluhkan kalah dengan nelayan modern. Hal ini menurut Denny, akan berdampak pada tangkapan ikan bagi nelayan kecil.(rizqon)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top