Dalam Sehari, Terjadi Karhutla di Tiga Lokasi Berbeda

Seorang anggota BPBD Tabalong berjalan diatas lahan yang bekas terbakar. (foto : istimewa/klikkalsel)

TANJUNG, klikkalsel – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih terus terjadi di Kabupaten Tabalong. Dalam satu hari ini saja, terjadi karhutla di tiga lokasi yang berbeda, Minggu (11/8/2019).

Fahriansyah, anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabalong menyebutkan, masing – masing lokasi yang mengalami karhutla berada di RT 3 Desa Bilas Kecamatan Upau, samping kolam PT Ata Desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak dan di RT 6 Desa Gambah Kelurahan Belimbing Kecamatan Murung Pudak.

“Untuk di Desa Bilas terdampak lahan semak belukar seluas dua hektar, di Desa Kasiau seluas lima hektar dan di Desa Gambah seluas seperempat hektar,” jelasnya.

Saat terjadi karhutla, Tim Satgas Gabungan Karhutla yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Basarnas, Damkar, UPBS Tabalong, Hapalah satu, Tanta satu dan unsur komunikasi Rapi bersama – sama berjibaku padamkan api untuk mencegah meluasnya areal karhutla tersebut.

“Semua sarana dan prasarana peralatan pemadaman, mobil pemadam (Damkar) dan mesin pomba air turut dikerahkan, bahkan masyarakat setempat juga turut membantu memadahkan karhutla,” jelas Fahri.

Sementara itu, untuk mencegah terjadinya karhutla yang semakin meluas, saat ini Tim Satgas Gabungan Karhutla masih terus bersiaga di posko Karhutla yang ada di halaman Tanjung Expo Center, Mabuun.

“Sosialisasi juga terus ditingkatkan kepada semua pihak agar tidak membakar hutan dan lahan,” imbuh Fahri. (arif)

Editor : Farid