Indek Berita

Dahsyatnya Surah At Taubah

SURAH At Taubah terdiri atas 129 ayat termasuk golongan surat-surat Madaniyyah. Dinamakan At Taubah berarti pengampunan, berhubung kata At Taubah berulang kali disebut dalam surah ini.

Ustad Masudi saat menyampaikan tausiah usai sholat shubuh berjamaah bersama kurang lebih 500 jamaah di Masjid Arrahman Kampung Melayu. (istimewa/klikkalsel)

Dinamakan juga dengan Baraah, artinya berlepas diri yang disini maksudnya pernyataan pemutusan perhubungan banyak pokok pembicaraannya tentang pernyataan pemutusan perjanjian damai dengan kaum musyrikin.

Turunnya surah At-Taubah merupakan hikmah dari perang Tabuk, perang terakhir Rasulullah SAW sebelum beliau wafat. Isi paling tersohor dalam surat At-Taubah ini, berkenaan dengan taubatnya 3 orang yang tidak ikut dalam perang ini, padahal dalam sejarah peperangan, mereka selalu mengikuti perang melawan musuh-musuh Allah SWT. Tiga sahabat Rasulullah itu yaitu; Ka’ab bin Malik, Murarah bin Rabi’ah dan Hilal bin Umayah.

Bahkan, Surah At Taubah ayat 128-129 menyimpan kedahsyatan bagi mereka yang membacanya dan mengamalkannya. Ayat itu bisa membangkitkan kerinduan yang dalam kepada Rasulullah dan keikhlasan kepada Allah.

Saat tausiah yang disampaikan Ustad Masudi usai sholat shubuh berjamaah bersama kurang lebih 500 jamaah di masjid Arrahman Kampung Melayu, dari dua potongan surah itu, ada tafsir yang menyebutkan wahai manusia, telah datang kepada kalian seorang rasul dari jenis manusia yang bentuknya sama seperti kalian. Ia merasa sedih melihat penderitaan yang kalian rasakan. Ia berusaha keras untuk memberi petunjuk kepada kalian, dan sangat mengasihi dan menyayangi orang-orang Mukmin.

Lantas apa kedahsyatan surah At Taubah ayat 128-129 ini diceritakan oleh orang yang pernah mengamalkannya, seperti berikut ini:

Masya Allah saya tidak tahu. Betul-betul saya tidak tahu. Umur saya telah hampir separuh abad namun baru sekarang baru saya tahu tentang kelebihan ayat-ayat 128-129 di dalam Surah At Taubah.

Inilah rezeki yang Allah SWT beri kepada saya di saat-saat saya sunyi sendiri menghadapi kesukaran dan pancaroba hidup ini. Inilah buktinya Dia masih bersama saya kerana di masa begini tiba-tiba saya terjumpa dan terbaca dengan tidak sengaja tentang kelebihannya.

Dikatakan bahawa barangsiapa yang membaca ayat ini sebanyak 7 kali setiap kali selesai solat fardhu, dengan izin Allah, Jika dia seorang yang lemah, maka akan menjadi kuat. Jika dia seorang yang hina, maka akan menjadi seorang yang muliaJika dia seorang yang kalah, maka akan segera mendapatkan pertolongan. Jika dia seorang yang berkesempitan, maka akan mendapat kelapangan. Jika dia seorang yang berhutang, maka akan segera dapat membayar. Jika dia seorang yang berada dalam kesusahan, maka akan hilang kesusahannya. Jika dia seorang yang sulit dalam penghidupan, maka akan segera mendapat kelapangan kehidupan.

Untuk dipermudahkan hafazan:

Ayat 128

“Laqad jaakum rasoolun min anfusikum AAazeezun AAalayhi ma AAanittum hareesun AAlaykum bilmu’mi neena raoofu raheem.”

Ayat 129

“Fa-in tawallaw faqul hasbiya Allahu la ilaha illa huw AAalayhi tawakkaltu wahuwa rabbu alAAarshi alAAzeem.”

Arti ayat 128

Sesungguhnya telah datang kepada kamu seorang Rasul dari golongan kamu sendiri (yaitu Nabi Muhammad SAW), yang menjadi sangat berat kepadanya sebarang kesusahan yang ditanggung oleh kamu, yang sangat lobakan (inginkan) kebaikan bagi kamu, (dan) ia pula menumpahkan perasaan belas serta kasih sayangnya kepada orang-orang yang beriman.

Arti ayat 129

Kemudian jika mereka berpaling ingkar, maka katakanlah (Wahai Muhammad): “Cukuplah bagiku Allah (yang menolong dan memeliharaku), tiada tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia kepadaNya aku berserah diri, dan Dialah yang mempunyai ‘Arasy yang besar. (bbs)

Oleh : H Sukrowardi (Pengarah Gerakan Indonesia Sholat Subuh Berjamaah Banjarmasin)

Editor : Farid

block id 8627 site klikkalsel.com - PC/Mob
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top