Destinasi

Cerita Mistis Dibalik Indahnya Gunung Kayangan

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Kayangan adalah nama gunung yang terletak di Desa Ambungan, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah laut. Kayangan sendiri berasal dari bahasa sanskerta yang berarti tempat tinggal para Hyang atau leluhur.

Dari beberapa literatur, bila didefinisi Kayangan adalah suatu tempat di alam akhirat yang dipercaya oleh para penganut beberapa agama sebagai tempat berkumpulnya roh manusia yang semasa hidup di dunia berbuat kebajikan sesuai ajaran agamanya.

Dilihat dari namanya saja, Gunung Kayangan kental dengan hal-hal berbau mistis. Hal tersebut juga diperkuat oleh cerita warga sekitar yang kerap menemui hal-hal ganjil, seperti sering terdengarnya suara tangisan bayi, penampakan mahluk tak kasat mata hingga kejadian orang kesurupan.

Suadi (56) warga Sungai Jelai, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah laut saat ditemui klikkalsel.com menceritakan perihal kejadian mistis yang terjadi di sekitar Gunung Kayangan, baik yang dialami oleh dirinya maupun warga.

“Bukan suatu hal baru bagi warga sekitar jika menemui penampakan mahluk tak kasat mata. Pernah ada yang melihat rombongan pejalan kaki menuruni bukit Kayangan tersebut, setelah didekati ternyata menghilang entah kemana. Bukan itu saja, juga pernah ada yang melihat iring-iringan pengantin,” ceritanya, Rabu (6/1/2021).

Diceritakannya pula, pernah suatu ketika saat dirinya melintas di kawasan Gunung Kayangan, dia melihat puluhan ekor sapi dan beberapa orang penjaganya. Rasa heran dan bingung membuatnya mencoba mendekati gerombolan sapi dan penjaganya tersebut. Namun semakin didekati gerombolan itu semakin menjauh hingga menghilang di sekitar pepohonan rindang yang ada di gunung tersebut.

“Mungkin warga makhluk tak kasat mata sedang menjaga sapi-sapi ternaknya,”ucap Suadi dengan raut serius.

Hal yang sama juga diceritakan Warno (50) yang juga warga sekitar tentang pengalaman diluar nalar yang dialaminya ketika masih menjadi sopir truk. Kejadian tersebut menurutnya ia alami beberapa tahun silam. Saat itu malam hari, ia baru saja usai mengantar tanah pesanan pelanggan dan pulangnya melewati jalan raya yang berada di samping kawasan Gunung Kayangan tersebut.

“Saya melihat dengan lampu sorot mobil ada iring-iringan warga berjalan kaki membawa keranda jenazah. Laju mobil saya pelankan sembari ingin bertanya siapa yang meninggal. Namun tak satupun dari mereka yang saya kenal, bahkan saat diberi senyuman pandangan mereka dingin dan tak memberikan jawaban,” katanya.

Meski demikian ia tetap berlalu, namun alangkah terkejutnya Warno saat sudah melewati rombongan tersebut, pasalnya saat ia menolehnya dari kaca spion tak terlihat lagi iring-ringan warga tersebut. Padahal itu hanya beberapa detik setelah ia melewati rombongan tersebut.

“Saya sempat takut dan terpikir mungkin Gunung Kayangan ini adalah kampung mereka (makhluk tak kasat mata),” ucapnya.

Terlepas dari semua cerita mistis yang mengikutinya, Gunung Kayangan tetap merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para treveller, khususnya warga Kalimantan Selatan. Selain karena lokasinya mudah dijangkau, Gunung Kayangan juga menyajikan pemandangan alam yang dijamin memanjakan mata para pengunjungnya. (Azka)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top