Banjarmasin

Cegah Rabies, DKP3 Banjarmasin Berikan Vaksin Gratis

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Banjarmasin menggelar pemeriksaan kesehatan hewan gratis, di pendopo kantor DKP3 Banjarmasin.
Sejumlah Anjing peliharaan dengan didampingi pemiliknya diberikan vaksin rabies oleh petugas DKP3 Banjarmasin.
Tidak hanya hewan peliharaan warga Banjarmasin saja yang mendapatkan fasilitas itu. Sejumlah anjing pelacak milik jajaran Polda Kalsel pun mendapatkan perawatan yang sama.
Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Anwar Ziady menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut rutin digelar setiap tahun, guna mempertahankan predikat Banjarmasin kota bebas rabies.
Baca Juga : Mekanisme Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah, KPU Terapkan Protokol Kesehatan
Ia juga mengatakan bahwa tahun lalu ada sekitar 300 anjing dan kucing yang mendapatkan vaksin rabies. Sedangkan untuk tahun ini ditargetkan lebih dari itu.
Namun dikarenakan pandemi melanda. Program tersebut tak dapat berjalan sepenuhnya. “Sementara ini semampunya saja dulu. Yang divaksin pun cuma anjing peliharaan,” ucapnya, Rabu (12/8/2020).
Pemberian vaksin rabies ini ditujukan agar salah satu virus yang bisa menyerang manusia dan bisa berakibat kematian ini bisa sedini mungkin untuk ditangkal, karena pada umumnya berasal dari gigitan hewan seperti Anjing contohnya.
“Warga yang terkena harus langsung mendapat perawatan di Rumah Sakit, kemudian hewan yang menggigit pun harus menjalani karantina selama 14 hari,” jelasnya.
Baca Juga : Tanggal 18 Gaji ke-13 Cair, Sekda Terima Paling Besar
Sementara itu, Medik Veteriner DKP3 Kota Banjarmasin, drh Anang Dwijatmiko menjelaskan bahwa ciri-ciri hewan yang terinfeksi rabies masih bisa dilihat secara kasat mata.
Misalnya hewan menjadi lebih agresif dengan menggigit benda-benda yang bergerak termasuk sang pemilik. Hingga mengeluarkan air liur yang berlebihan.
“Rabies tidak hanya menyerang anjing saja. Tapi juga bisa menyerang kucing, monyet dan musang,” pungkasnya.(fachrul)
Editor : Amran

block id 8627 site klikkalsel.com - PC/Mob
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top