Cegah Covid-19, Puskesmas Mabuun Kampanyekan CTPS

TANJUNG, Klikkalsel.com – Puskesmas Mabuun gelar kegiatan kampanye cuci tangan pakai sabun (CTPS) di SD Muhammadiyah Al- Mukhlishin, Senin (15/11/2021).

Kepala Puskesmas Mabuun, Tenry Ariny mengatakan bahwa tujuan CTPS untuk memutus mata rantai kuman yang berada di atas tangan.

“Untuk membersihkan tangan beserta dapat memutus mata rantai kuman,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut dilakukan di sekolah agar mengingatkan murid melakukan CTPS dengan benar menggunakan 6 langkah cuci tangan.

Langkah tersebut yaitu, membasahi tangan beserta menggosok sabun pada telapak tangan, kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.

Baca Juga : Jembatan Darurat Penghubung Murung B – Patikalain HST Terputus Lagi, Warga Pegunungan Meratus Terisolasi Kembali

Baca Juga : ASN dan Fasyankes Akui Ada Iuran Pengumpulan Dana HKN dari Dinkes Banjarmasin

Kemudian mengusap punggung dan tangan bergantian, menggosok sela-sela jari, membersihkan ujung jari, menggosok dan memutar ibu jari, dan meletakkan ujung jari ketelapak tangan.

“Bilas dengan air bersih dan keringkan,” lanjutnya.

Ia menjelaskan bahwa dengan rutinnya CTPS dapat mencegah penyakit flu, diare, hepatitis A,infeksi parasit.

“Beserta Covid-19 yang sekarang masih jadi wabah,” tambahnya.

Tenry Ariny berharap agar CTPS dengan 6 langkah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh seluruh masyarakat sebelum dan sesudah melakukan aktifitas keseharian.

“Seperti makan, belajar dan bekerja agar kita bisa memutus mata rantai bakteri dan virus,” pungkasnya.

Diketahui, Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh camat Murung Pudak dan TP PKK Murung Pudak, Kepala Puskesmas Mabu’un, Koordinator program Kesehatan Lingkungan Puskesmas Mabu’un, tokoh agama, beserta guru dan Murid SD Muhammadiyah.(dilah)

Editor : Amran

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan