Tabalong

Cari Potensi Cadangan Baru Melalui Sumur PRB-002, PT Pertamina EP adakan Sosialisasi DST

TANJUNG – PT Pertamina EP terus berupaya mencari potensi cadangan baru untuk meningkatkan nilai produksinya. Salah satunya melalui ekplorasi sumur PRB-002 di Desa Pugaan, Kecamatan Pugaan, Kabupaten Tabalong.

Menurut, Legal and Relation Assistant Manager Pertamina EP Tanjung, Galih Pradikta Mochtar, proyek ini merupakan proyek dari eksplorasi. Sebelum melakukan explorasi, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada warga setempat beberapa waktu lalu.

“Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pertamina EP Tanjung Field, Eksplorasi, Muspika, perwakilan tokoh masyarakat, dan tokoh agama setempat,” ungkapnya, Kamis (8/10/2020).

Baca Juga : Bawa Aspirasi Mahasiwa Tolak Omnibus Law, Wakil Rakyat Kalsel Bertolak ke Jakarta

Galih mengatakan, dalam sosialisasinya kepada warga, pihaknya dan tim eksplorasi memberikan gambaran tentang Drill Stem Test (DST) atau uji lapisan kandungan lapisan yang merupakan prosedur untuk pengisolasian dan pengetesan formasi untuk mendapatkan data-data seperti tekanan, permeabilitas, kandungan fluida, dan kemampuan produksi dari reservoir.

Disamping itu, masyarakat juga diberikan pemahaman tentang potensi-potensi yang akan timbul selama kegiatan eksplorasi berlangsung seperti, akan ada flaring yang membakar gas CO dan H2S dari manifold agar tidak tersebar.

“Dengan adanya potensi berbahaya selama kegiatan tersebut, telah disiapkan tindakan mitigasi untuk keamanan baik selama bekerja maupun kepada masyarakat dan lingkungan di sekitar lokasi tersebut berada mulai dari pembuatan tanggul setinggi 4 meter sebagai pembatas (barrier), membuat kolam untuk mengurangi efek panas, hingga pengaturan potensi kebisingan,” jelas Galih.

Baca Juga : Bikin Gaduh, Pria Gempal Bawa Mandau Diciduk Ditengah Aksi Demo Omnibus Law

Terpisah, Camat Pugaan, Rony Saputra mengatakan, ia bersam jajaran muspika lainnya mendukung penuh kegiatan pemboran yang dilakukan Pertamina, dan berharap dapat memberikan hasil yang diharapkan.

“Besar harapan kami dengan Pertamina menemukan cadangan baru di Desa Pugaan ini, mampu memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar, baik melalui program CSR maupun bantuan-bantuan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, diketahui PT Pertamina EP Asset 5 Tanjung Field adalah salah satu anak perusahaan yang berlokasi di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Data SOT (Sistem Operasi Terpadu) hingga September 2020, menunjukkan produksi minyak Tanjung Field sebesar 2.346 barrel oil per day (bopd) sedangkan produksi gas sebesar 1.024 million standard cubic feet per day (mscfd). (arif)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top