Bupati Balangan Berikan Penghargaan PPID Kepada SKPD dan DPRD

Piagam penghargaan PPID yang serahkan langsung Bupati Balangan H Ansharuddin kepada kepala dinas, badan dan sekda dan sekwan.(foto : istimewa)
PARINGIN, klikkalsel.com – Pemkab Balangan memberikan penghargaan atas pelaksanaan Pengelola Informasi Daerah (PPID) kepada SKPD yang aktif membagikan informasi kegiatan instansinya ke masyarakat.
Penghargaan tersebut diberikan juga tidak lain untuk mendorong serta meningkatkan publikasi dan informasi program kegiatan SKPD, melalui Dinas Komunikasi dan Informasi.
Dinas Komunikasibdan Informasi Balangan, melakukan seleksi yang menghasilkan sepuluh SKPD mendapatkan penghargaan, diantaranya untuk kategori Dinas, Dinas Capilduk, DPPKB dan Diskominfo.
Baca Juga : 664 Potong Kayu Ulin Ilegal Disita dan Diserahkan ke Dishut Kalsel
Sedangkan BKPPD, Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) dan Sekretariat DPRD. Kemudian untuk kecamatan, Kecamatan Batumandi, Paringin dan Kecamatan Halong
PPID Utama Kabupaten Balangan, M Noor, menyatakan, penghargaan PPID ini bertujuan agar SKPD mampu lebih bergerak dalam hal transparansi informasi publik, sehingga bagi SKPD yang belum mendapat penghargaan dapat termotivasi untuk meraih penghargaan dalam kegiatan selanjutnya.
“Harapan kami kepada SKPD lain agar lebih aktif lagi dalam melaksanakan keterbukaan informasi,” tutur M Noor.
Apalagi ujarnya, ada beberapa SKPD sudah mendapat penghargaan. Sementara yang belum bisa terpacu untuk meraih penghargaan di tahun yang akan datang.
Baca Juga : Dua Rampok Bersajam Satroni Alfamart Teluk Tiram
Aprisiasi juga disampaikan, Bupati Balangan, H Ansharuddin yang menurutnya penghargaan ini diberikan sebagai upaya mendorong SKPD meningkatkan penyajian informasi kepada publik menjadi lebih baik lagi.
Pemerintahan yang baik (Good Governance) merupakan salah-satu istilah yang digunakan untuk menunjukkan hasil prestasi dan kinerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan.
Bahkan ini sudah menjawab keberadaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam memberikan informasi yang berkaitan dengan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang menyentuh langsung pada kebutuhan masyarakat umum.
Salah-satu tugas PPID ini menurut bupati, adalah menyediakan informasi publik bagi pemohon informasi.
Sekretariat DPRD Balangan salah satu terpilih mendapatkan penghargaan PPIS melalui,  Sekretaris Dewan (DPRD) Balangan, Ardiansyah.
Ia mengatakan, perolehan penghargaan atas melaksanakan PPID ini menunjukkan Sekretariat DPRD telah mengalami peningkatan dalam menjalankan kewajiban untuk mengumumkan, menyampaikan dan melayani permohonan informasi publik.
Bahkan Sekwan mampu meningkatkan pengelolaan informasi dan dokumentasi dengan sebaik-baiknya.
“Ini prestasi yang patut dibanggakan dan perlu dipertahankan serta ditingkatkan,” imbuhnya.(fitri/adv)
Editor : Amran