Organisasi

Bupati Anang Kukuhkan DPC APDESI Kabupaten Tabalong Periode 2020-2025

Pengkuhan DPC APDESI Tabalong Periode 2020 - 2025. (foto : arif/klikkalsel

TANJUNG, klikkalsel.com – Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani mengkukuhkan Mujianto, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC APDESI) Kabupaten Tabalong periode 2020 – 2025. Acara pengukuhan dilakukan di Hotel Aston Tanjung, Senin (9/11/2020).

Turut hadir dalam pengukugan ini, Ketua DPRD Tabalong Mustafa, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Tabalong, Ariyanto.

Dalam sambutannya, Anang menyampaikan, pengukuhan ini menjadi sangat penting agar kesinambungan kepengurusan APDESI tetap terwujud sehubungan dengan telah meninggalnya ketua yang lama.

Lalu kepada para Kepala Desa, Anang mengingatkan ada dua tugas utama yang mesti mendapatkan perhatian, yang pertama bagaimana meningkatkan pembangunan ekonomi di desa dan yang kedua bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusia di pedesaan.

“Intinya dua saja. Kalau itu bisa dilakukan maka yang dua periode bisa tiga periode,” ujarnya.

Anang mengatakan, apa yang sudah menjadi kebijakan Menteri Desa, dalam hal penggunaan dana desa tahun 2021 ini lebih banyak kegiatan-kegiatan yang bersifat padat karya tunai. “Supaya apa, supaya warga ada penghasilan ada pendapatan,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Anang juga berpesan agar APDESI dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan peningkatan kualitas sumber daya manusia aparatur pemerintahan desa. Sebab dirinya tidak memungkiri bahwa para kepala desa perlu meningkatkan wawasan.

Namun, diusahakan peningkatan wawasan itu tidak menimbulkan kecemburan khususnya dengan teman disamping para kepala desa.

Lebih lanjut, Anang menambahkan, APDESI Tabalong untuk lebih sering melakukan koordinasasi dengan sesama pengurus, Pemkab Tabalong, Ketua DPRD dan DPMPD. “Tiga bulan sekali kita adakan pertemuan seperti ini,” ujarnya.

Sementara, Ketua DPC APDESI Mujiono, mengatakan, ingin menjadikan APDESI Tabalong lebih maju, lebih terampil, lebih berkomitmen, untuk sama melindungi dan mengayomi dari segenap komponen anggotanya.

Dirinya menyampaikan, kepada seluruh kepada desa yang hadir untuk tidak berpikiran bahwa ia berada di depan adalah sebuah kemenangan individu, golongan, desa, kecamatan ataupun wilayah tengah.

“Kebetulan saya berdiri di sini hasil dari semangat kerja keras semua perangkat desa se Kabupaten Tabalong,” ujarnya.

Dikatakan Mujiono, organisasi APDESI di pusat telah berdiri sejak 17 mei 2005. Untuk itu pihaknya harus bergerak cepat dan berlari untuk bisa berdiri sejajar dengan APDESI yang telah terbentuk dan berdiri terlebih dahulu.

Dirinya juga meminta dukungan kepada Pemerintah setempat dan Forkopimda untuk dapat mewujudkan hal tersebut.

“Sebesar apapun keinginan dan ide-ide tanpa support dan dukungan maka sangat kecil nilai keberhasilannya,” pungkasnya.(arif)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top