Layanan Masyarakat

BST Tahap 7 Cair, Penyaluran Terapkan Protokol Kesehatan

PARINGIN, klikkalsel.com – Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI melalui pengawasan Dinas Sosial Kabupaten Balangan kembali disalurkan. Bantuan tersebut merupakan satu upaya penanganan ekonomi di masa pandemi Covid-19 yang dialami oleh warga Balangan.

Ada 6.689 warga yang terdata mendapatkan BST dan cairkan melalui Kantor Pos Paringin. Mereka pun terlihat antre untuk proses pengambilan.

Tentunya, protokol kesehatan tetap dijalankan saat berada di Kantor Pos Paringin. Petugas pun secara berurutan memanggil nama warga yang akan mencairkan bantuan yang mereka dapat, Kamis (22/10/2020).

Penyaluran BST, selain dalam pengawasan Dinas Sosial juga tak lepas dari pendamping Bhabinkamtibmas dan Babinsa Koramil Paringin.

“Kami selalu melakukan pendampingan sekaligus pengawasan dan pengamanan saat ada penyaluran BST,” ucap Danramil Paringin, Peltu Fauzi.

Baca Juga : Sejumlah Perusahaan Diingatkan Kapolsek Bantim Soal Protokol Covid dan Aksi Damai

BST yang didapatkan oleh warga merupakan penyaluran pada tahap ke tujuh. Satu kali tahap, jumlah uang yang dicairkan Rp 300.000. Berbeda dibanding tahap satu hingga tiga yang mencapai Rp 600.000.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Balangan, Ribowo menerangkan, pada penyaluran kali ini, sebagaimana bulan sebelumnya, ada penambahan jumlah penerima. Data itu didapat dari pihak desa yang kemudian diteruskan ke Kemensos dan diverifikasi.

Selain itu, telah ada rencana penambahan bantuan pula dari kerjasama Kemensos dengan Kemendes. Dimana data jumlah penerima sudah diberikan ke Dinas Sosial. Hanya saja belum data by name by address.

“Rencananya akan ada penambahan bantuan lagi. Ini program BLT dana desa yang kemudian ditampung oleh Kemendes dan bekerjasama dengan Kemensos RI,” ucap Ribowo.

Diharapkan, apabila penyaluran bantuan tersebut jadi dilangsungkan, maka BLT di Balangan akan merata. Terlebih data yang didapat merupakan pengumpulan data dari pihak aparat desa yang diserahkan ke Dinsos Balangan.

Diketahui, BST dan BLT merupakan program dari pemerintah untuk penanganan Covid 19 di Balangan. Bantuan ini akan berlangsung hingga Desember mendatang dan disalurkan secara bertahap. (fitri)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top