Sabtu, September 25, 2021

BirinMu Unggul Telak Hasil Hitung Cepat Indikator Politik Indonesia

BANJARMASIN, klikkkalsel.com – Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel digelar serentak hari ini Rabu (9/6/2021) di 7 kecamatan dari 3 kabupaten/kota. Penghitungan suara di tingkat TPS telah dilakukan setelah pemungutan suara, yang mana hasil hitung cepat Indikator Politik Indonesia menunjukkan Sahbirin Noor-Muhidin (BirinMu) unggul telak.

Divisi Komunikasi dan Media Indikator Politik Indonesia, Fauny Hidayat mengatakan berdasarkan hitung cepat yang dilakukan pihaknya menunjukkan paslon BirinMu unggul telak dibandingkan paslon Denny Indrayana-Difriadi.

“Data yang masuk sudah 76% sekarang, sementara ini hasilnya Paslon 01 Birin-Muhidin 66,56%, kemudian hasil perolehan suara paslon H2D sebesar 33,44 %,” ujar Fauny saat dihubungi.

Hasil hitung cepat lembaga secara keseluruhan survei yang terverifikasi KPU ini menunjukkan paslon 01 meraih total 51,8 persen, lalu Paslon H2D 48,2 persen.

Fauny mengungkapkan, partisipasi pemilih di PSU melonjak tajam, terutama di kantong-kantong suara Paslon Birin-Muhidin. Partisipasi suara berkisaran 70 persen. Dia mengatakan, isu negatif yang merundung Paslon petahana tidak berpengaruh signifikan.

“Nyatanya (isu negatif) tidak berpengaruh terhadap pilihan masyarakat kepada Paslon 01,” tandasnya.

Baca Juga : Bawaslu RI Monitor Langsung PSU Pilgub Kalsel Belum Terima Laporan dan Temuan ‘Serangan Fajar’

Baca Juga : KPU RI dan Forkopimda Kalsel Tinjau PSU di Sejumlah TPS

Dia menyebut tingginya partisipasi suara ini disebabkan pilihan masyarakat sudah mantap untuk di PSU. Di sisi lain, PSU digelar di basis suara paslon petahana, yang mana pada hasil Pilkada 9 Desember lalu juga unggul di 7 kecamatan.

7 kecamatan itu adalah Kecamatan Banjarmasin Selatan (Kota Banjarmasin), Kecamatan Sambung Makmur, Kecamatan Aluh-Aluh, Kecamatan Martapura, Kecamatan Mataraman, dan Kecamatan Astambul (Kabupaten Banjar) dan Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin.

Total TPS dari 7 kecamatan tersebut adalah sebanyak 827 TPS. Kabupaten Banjar zona tergemuk dengan jumlah 502 TPS, selanjutnya Kota Banjarmasin 301 TPS dan Kabupaten Tapin 24 TPS. (rizqon)

Editor: Abadi

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan