Sabtu, September 25, 2021

BirinMU Unggul di Banjarmasin Selatan, Afrizal: Bukti Kedekatan Emosional Masyarakat

BANJARMASIN, klikkkalsel.com – Angka pasti perolehan pemungutan suara ulang (PSU) pasangan calon 01, Sahbirin Noor-Muhidin (BirinMu) dan pasangan 02, Denny Indrayana-Difriadi (H2D) di Kecamatan Banjarmasin Selatan telah keluar pada hasil rekapitulasi Model D. Hasil Kecamatan Pemilihan Ulang-KWK, Senin (14/6/2021).

Hasil pengitungan menunjukkan paslon 01 bertahan unggul bahkan memperjauh selisih suara dibandingkan pencoblosan 9 Desember 2020 lalu.

Kilas balik 9 Desember lalu, BirinMU mengungguli perolehan suara di Banjarmasin Selatan di angka 28.950, sedangkan Denny Indrayana-Difriadi mendapat 26.724 suara. Sementara pada PSU 9 Juni belum lama tadi, paslon nomor 01 ini mendominasi perolehan suara sebesar 47.030 sedangkan paslon nomor 02 memperoleh 23.806 suara.

Wakil Ketua DPW PAN Kalsel, Afrizal, mengatakan peningkatan signifikan perolehan suara BirinMu membuktikan bahwa ikatan emosional masyarakat dengan pasangan kandidat ini terjalin. Selain itu, dalam PSU 9 Juni lalu, hanya Haji Muhidin yang berdomisili di Banjarmasin Selatan dan memiliki hak suara.

Faktor lainnya, sebut Afrizal, Paman Birin sebagai calon gubernur petahana yang mana selama menjabat sering turun ke masyarakat. Begitu pula Haji Muhidin sebagai mantan Walikota Banjarmasin juga dekat dengan masyarakat bahkan dikenal dengan jasanya dalam pembangunan Kota Seribu Sungai.

Baca juga : Rencana Gugatan Denny Indrayana ke MK, Pengamat Politik: MK Jeli Melihat Bukti yang Disampaikan

“Ikatan emosional yang sudah terjalin antara pemilih di Banjarmasin Selatan dengan Haji Muhidin sudah berjalan cukup lama. Artinya interaksi dan hubungan komunikasi Haji Muhidin yang berdomisili di Banjarmasin Selatan ini sangat dekat dengan pemilihnya,” ujarnya kepada Klikkalsel.com, Senin (14/6/2021).

Selain itu, Afrizal menambahkan hal yang perlu digaris bawahi yaitu Kecamatan Banjarmasin Selatan merupakan basis PAN yang dinahkodai Haji Muhidin sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Kalsel. Hal ini tentu menjadi faktor kemenangan telak pencoblosan ulang pada 9 Juni lalu.

“Banjarmasin Selatan ini adalah basis Partai Amanat Nasional. Yang mana pada Pileg (Pemilu Legislatif) 2019 lalu, Partai Amanat Nasional meraih suara terbanyak di sini. Kita berhasil mendapatkan 3 kursi,” ungkapnya.

Afrizal menambahkan, kolaborasi partai pengusung yakni Golkar, PAN, PDIP, PKB, Nasdem, PKS, PKPI, PSI, Perindo, dan PBB juga menjadi faktor utama Paman Birin dan Haji Muhidin mempertahankan kemenangan bahkan memperjauh selisih suara dibandingkan pencoblosan 9 Desember 2020 lalu. Dia mengapresiasi kerjasama kolaborasi antara mesin partai di setiap tingkatan.

“Alhamdulillah mesin-mesin partai ini menyumbang untuk kemenangan Paman Birin dan Haji Muhidin,” pungkasnya.(rizqon)

Editor : Amran

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan