Belum Miliki Komputer, Ratusan Siswa Menumpang Ujian di Sekolah Lain

Siswa dari SMPN 1 dan SMPN 2 Upau mengikuti pelaksanaan UNBK di SMAN 1 Upau. (Foto : Arif/Klikkalsel)

TANJUNG, klikkalsel – 100 Pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari SMPN 1 dan SMPN 2 Upau Kabupaten Tabalong terpaksa menumpang di sekolah lain untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Mereka menumpang di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Upau yang sudah memiliki fasilitas komputer.

Baca Juga : Proses Belajar Mengajar SMPN 2 Upau Gunakan Ruangan Seadanya

Proktor UNKB SMP Negeri 2 Upau Adonia Elsy menungkapkan hal itu dikarnakan pada pelaksanaan UNBK kali ini kedua sekolah tersebut belum mendapatkan bantuan fasilitas komputer di Pemerintah Kabupaten Tabalong.

“Pemerintah memang ada menjanjikan memfasilitasi semuanya, cuma pelaksanaannya itu turunnya di triwulan tiga, sementara pelaksanaan UNBK di triwulan dua, jadi untuk sementara untuk mengatasi itu kita pinjam dulu,” ungkapnya.

Adonia menjelaskan minimnya fasilitas komputer juga membuat pelaksanaan UNBK harus di bagi menjadi tiga sesi. Fasilitas tersebut meliputi 30 perangkat komputer dan 10 laptop untuk cadangan yang sengaja disediakan untuk mengantisipasi seandainya terjadi masalah pada perangkat komputer yang tersedia.

“Sesi satu pukul 07.30 hingga 10.30 diikuti 34 siswa, sesi dua pukul 10.30 hingga 13.30 diikuti 33 siswa dan sesi tiga pukul 14.00 hingga 16.00 yang diikuti oleh 33 siswa,” terangnya.

Selanjutnya ia berharap kepada Pemerintah Kabupaten Tabalong agar dapat memfasilitasi tiap sekolah dengan perangkat komputer dan laboratorium komputer guna menunjang kegiatan belajar mengajar siswa.

“Biar kita tidak repot untuk meminjam, seperti inikan kita masih meminjam lab komputer punya SMAN 1 Upau,” pungkasnya. (arif)

Editor : Amran