Sosial

Banjir Satui, Tim JFR Tak Diperkenankan Balik Kanan Sebelum Kondisi Dinyatakan Aman

BATULICIN, klikkkalsel.com – Banjir yang melanda Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu menjadi perhatian serius pemerintah dan instansi swasta setempat, salah satunya Tim Jhonlin Fire Rescue (JFR). JFR menerjunkan tim dilengkapi peralatan dan perlengkapan evakuasi dalam penanganan banjir yang melanda 6 desa Kecamatan Satui.

Team Leader JFR, Rahmatullah mengatakan personil yang dikerahkan berjumlah 5 orang dan mumpuni dengan keterampilan pencarian dan pertolongan. Dalam penugasan, jelas Rahmatullah, regu tersebut akan berkerjasama dengan relawan lainnya di lapangan.

“Mereka berposko di Kantor Desa Sinar Bulan yang terdampak cukup parah. Banjir yang melanda pemukiman di bantaran Sungai Satui cukup parah. Air yang sebelumnya mencapai atap rumah warga, saat ini sudah mulai surut tinggal sekitar 1,5 meter. Namun masih ada beberapa rumah yang terendam,” ucapnya, Sabtu malam (15/5/2021).

Rahmatullah mengatakan, Tim JFR sampai di Desa Sinar Bulan pada Sabtu sekitar pukul 14.00 WITA. Mereka membawa peralatan rescue, perahu karet, makanan siap saji, obat-obatan, juga peralatan medis.

“Kantor Desa Sinar Bulan saat ini dijadikan Posko Dapur Umum guna memenuhi konsumsi para pengungsi yang berjumlah hampir 200 orang. Kami baru saja membantu membagikan makanan siap saji kepada para korban banjir,” jelasnya.

Rahmatullah menambahkan, Tim JFR berkomitmen bakal terus membantu penyintas banjir Satui bersama BPBD, aparat terkait, sukarelawan, serta tim penyelamat lainnya.

“Mereka bakal berada di Satui hingga kondisi dinyatakan aman,” pungkasnya.

Berdasarkan Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu per Sabtu 15 Mei 2020, ada 13.433 jiwa atau 3.891 kepala keluarga (KK) terdampak banjir yang melanda 6 desa Kecamatan Satui. Diantaranya, Desa Sinar Bulan 1.104 KK atau 4.413 jiwa, Desa Jombang 162 KK atau 515 jiwa, Desa Sungai Danau 1.992 KK atau 6.707 jiwa, Desa Sejahtera Mulia dihuni 293 KK atau 655 jiwa, Desa Satui Barat 120 KK atau 380 jiwa dan Desa Satui Timur 220 KK atau 763 jiwa.

Sementara itu, ada dua lokasi pengungsian yang didirikan yaitu di SMPN 4 Satui di Desa Sinar Bulan dengan jumlah warga mengungsi 55 Kepala Keluarga atau 186 jiwa, dan di Gedung Majelis Talim Desa Sungai Danau terdapat 36 KK atau 56 jiwa. (rizqon)

Editor : Akhmad

To Top