Atasi Inplasi Kala Haul Guru Sekumpul, Disperindag Gelar Pasar Murah

Brhasani Kepala Dinas Perdagangan Kalsel

BANJARMASIN, klikkalsel – Diperkirakan jutaan orang dari berbagai daerah di Indonesia bakal datang ke Haul ke 15 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau yang akrab disapa Guru Sekumpul yang bakal berlangsung pada awal Maret 2020 di Sekumpul, Banjar, Kalsel.

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani mengatakan, berdasarkan pengalaman, itu sangat berpengaruh dalam perkembangan ekonomi , terutama di sektor perdagangan.

Mengingat, permintaan bahan pokok lebih tinggi atau meningkat terutama sembako. Dan tentunnya akan berpengaruh juga terhadap harga di sekitaran Banjarbaru dan Martapura.

“Banyaknya permintaan barang terutama sembako akan memicu inplasi, di mana harga harga melonjak naik. Untuk itu kita akan antisipasi terhadap kondisi tersebut,” katanya, Senin
(3/2/2020).

Baca juga : Pedagang Kue Keluhkan Harga Gula

Birhasani mengatakan, dipertengahan Februari akan diadakan operasi pasar atau pasar murah di sekitaran wilayah tersebut yang bekerjasama dengan dinas terkait.

Yang mana Pemerintah Provinsi bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banjar didukung oleh Bulog, Perusahaan Perdagaangan Indonesia (PPI) dan pelaku usaha dan UKM di lima titik.

“Dari data analisa Dinas Perindustrian dan Perdaganga Banjar ada lima titik nantinya dan kami sedang melakukan persiapan lokasi dan tempat serta para pelaku usahanya,” ucapnya.

Pasar murah yang digelar berupa gula, tepung, beras, minyak dan lain sebagainnya serta sejumlah produk penunjang lainnya. “Insya Allah masyarakat sekitar akan mendapat kebutuhan bahan pokok yang murah dari pasar,” tambahnya. (azka)

Editor : Akhmad