Sosial

Antisipasi Kecelakaan Pemadam Kebakaran, Satlantas Polres Tabalong Beri Pengarahan Ke UPBS

TANJUNG, klikkalsel.com – Menyikapi adanya insiden kecelakaan lalu lintas yang menimpa seorang pejalan kaki yang tertabrak sebuah mobil Barisan Pemadam kebakaran (BPK) di Banjarmasin, Minggu, (16/5/2021) kemarin.

Untuk meminimalisir hal itu, Satlantas Polres Tabalong turun langsung mendatangi beberapa Unit Penanggulangan Bencana Swadaya (UPBS) dan BPK di wilayahnya, untuk memberikan sosialisasi dan himbauan terkait tertib berlalu lintas dijalan.

Adapun 2 UPBS yang sambangi, yaitu, UPBS Bara di Kecamatan Murung Pudak dan UPBS Mura di Kecamatan Tanjung, Tabalong.

Diterangkan Kapolres Tabalong, AKBP M Muchdori, dalam hal ini melalui Kasatlantas, Iptu Narendra Rian Agusta, sosialisasi tersebut dilaksanakan untuk menindaklanjuti Surat Telegram Polda Kalsel tentang kecelakaan yang melibatkan anggota Damkar.

“Maka dari itu kami melaksanakan petunjuk dan arahan dari Direktorat Lalu Lintas, untuk menertibkan UPBS di Kabupaten Tabalong,” katanya saat dikonfirmasi. Kamis, (20/5/2021).

Baca juga : Satlantas Polresta Banjarmasin Soroti Kelayakan Armada BPK di Banjarmasin

Narendra juga menyebutkan, selain melakukan sosialisasi dan himbauan, pihaknya sekaligus juga mendata petugas yang ada di dua UPBS tersebut.

“Kami mencek kepemilikan SIM, sudah layak memiliki SIM atau belum kemudian juga kelayakan kendaraan operasionalnya,” ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya juga melakukan penertiban Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) kendaraan UPBS yang tidak layak atau palsu.

“Dari hasil pengecekan, kita lihat UPBS yang menggunakan TNKB yang tidak sesuai peruntukannya, tadi kita langsung suruh untuk mengganti ke TNKB aslinya,” sampainya.

Narendra menerangkan, sosialisasi tertib berlalu lintas tersebut akan mereka lanjutkan ke seluruh UPBS di Kabupaten Tabalong.

“Kita akan dilanjutkan dan nanti jadwalnya akan kami teruskan ke Kepala BPBD untuk mendampingi petugas kami untuk pelaksanaan kegiatan, hasilnya nanti di laporkan ke Bupati Tabalong,” jelasnya.

Ia pun berharap dengan adanya kegiatan ini, seluruh UPBS di Kabuoayen Tabalong bisa mentaati aturan berlalu lintas.

Tak lupa, Ia sangat mengapresiasi PMK yang selama ini sudah sangat membantu masyarakat yang terkena musibah, namun ingat tetap patuhi aturan yang ada.

“Kepada anggota yang di bawah umur agar sementara tidak ikut dulu, fokuskan diri untuk menunjukkan pendidikannya dulu, biarkan yang dewasa atau yang sudah memiliki kompetensi membantu orang lain, biarkan mereka yang melaksanakan tugas di lapangan,” pungkasnya. (doni)

Editor : Akhmad

To Top