Ansharuddin Tekankan Pemuda Bisa Bangkit Melalui Kreativitas dan Inovasi

Peringati Hari Sumpah Pemuda, sejumlah pejabat di Kabupaten Balangan mengenakan pakaian adat.(foto : fitri/klikkalsel)

PARINGIN, klikkalsel.com- Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia.

Kalimat tersebut disampaikan Bupati Balangan H Ansharuddin dihadapan para pemuda dalam apel Sumpah Pemuda, Senin(28/10/2019) di halaman Kantor Bupati Balangan.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan serta perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” ujar Ansharuddin yang penuh semangaylt membacakan Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI.

Sesuai harapan pemerintahbditambahkan Ansharuddin, pemuda harus menjadi pilar kemajuan, karena kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sekadar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya.

Tapi, bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu.

Serta kenyataan-kenyataan masa kini sehingga membuat mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan.

Selain itu, Ansharuddin juga menyampaikan, lalau pemuda generasi terdahulu mampu ke luar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa

Maka kata dia, tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Yang menarik dalam peringayan Sumpah Pemuda ke-91 ini, sejumlah pejabat Balangan, terlihat mengenakan pakaian adat istiadat tidak terkecuali Ansharuddin dan Ketua TP PKK Balangan Hj Nursidah Ansharuddin ikut mengenakan pakaian adat.

Sementara, Sekdakab Balangan Ruskariadi dan sejumlah Kepala FKPD dan Kepala OPD Kabupaten Balangan lainnya juga mengenakan pakaian adat istiadat dari daerah nusantara lainnya.

“Dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, tentunya kita mengharapkan agar pemuda mampu bangkit, pemuda harus memiliki kreativitas, pemuda harus memiliki inovasi, pemuda harus mempunyai karakter yang kuat untuk bersama – sama memajukan daerah,” ujarnya.(fitri/adv)

Editor : Amran