Abdul Wahid : KB Pengaruhi Kualitas SDM Keluarga

Peringatan Harganas Ke-27 tahun 2020, di Aula Dr. KH. Idham Chalid Amuntai (foto : istimewa)
AMUNTAI, klikkalsel.com – Dilaksanakan secara sederhana dengan memaruhi protokol kesehatan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menyelenggarakan puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-27 tahun 2020, di Aula Dr. KH. Idham Chalid Amuntai. Senin, (29/6/2020).
Dipimpin Bupati HSU H. Abdul Wahid HK didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid, disiarkan secara langsung melalui saluran TV lokal dan livestreaming Youtube.
Pada kesempatan ini, Bupati HSU H. Abdul Wahid HK menyampaikan, momentum Harganas Ke-27 tahun 2020 ini, Pemerintah ingin kembali menghidupkan kembali peran strategis bagi keluarga untuk pembangunan Indonesia, serta menjaga semangat dalam upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas.
Baca Juga : Rekomendasi DPP Partai Golkar, H Muhidin Ditunjuk Dampingi Sahbirin Noor di Pilgub 2020
“Keluarga merupakan lingkungan terkecil dari sebuah masyarakat yang luas yang bernama bangsa. Maka keluarga menjadi tempat perhatian khusus untuk mewujudkan keluarga berkualitas,” ucapnya.
Meskipun dalam suasana yang berbeda ditengah pandemi Covid-19, lanjutnya, namun dibalik kesulitan pada fase pandemi ini ternyata memberikan ruang dan peluang antar anggota keluarga untuk lebih bisa saling mengenal dan sama-sama saling berkumpul.
Kegiatan Harganas tahun ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dengan kegiatan pelayanan KB serentak 1 juta akseptor, serta kesiapan pelayanan kontrasepsi merupakan komitmen bersama pelayanan kontrasepsi harus tetap mampu memberikan kepada pasangan usia subur.
“Pelaksanaannya tetap memperhatikan standar kesehatan, sehingga pelayanan kontrasepsi yang terbaik dapat dipenuhi,” tambahnya.
Bupati Wahid berharap, semoga momen Harganas Ke-27 ini dapat dijadikan daya ungkit bagi sinergisitas antara BKKBN dengan Tim Penggerak PKK.
Sementara Kepala Dinas Pengandalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten HSU selaku panitia pelaksana Hj. Anisah Rasyidah Wahid dalam sambutannya mengatakan, bahwa Harganas Ke-27 tahun ini mengangkat tema “BKKBN Baru Dengan Cara Baru, dan Semangat Baru Hadir Dalam Keluargamu”.
“Adapun tujuan diperingati Harganas tahun ini antara lain, menyatukan gerak dalam membangun keluarga berkualitas, meningkatkan kepedulian keluarga Indonesia dalam membangun keluarga berkualitas, meningkatkan intensitas kerja pengelola tugas “Bangga Kencana” atau Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana,” tukasnya.
Dalam kegiatan ini, diserahkan hadiah dari berbagai kategori lomba antara lain Penyuluh KB/PLKB terbaik Kabupaten HSU, Lomba Terbaik UPPKS, serta penyerahan Bantuan Sosial bagi Kelompok UPPKS di Kabupaten HSU.
Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Sekretaris Daerah Kabupaten HSU H. M. Taufik, Ketua DPRD Kabupaten HSU Almien Ashar Safari, Dandim 1001/Amuntai-Balangan Letkol Inf. Ali Ahmad Satriyadi, Kepala Kemenag Kabupaten HSU, Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten HSU, Ketua DWP Kabupaten HSU, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten HSU, Duta Genre dan para undangan. (doni)