Rekomendasi DPP Partai Golkar, H Muhidin Ditunjuk Dampingi Sahbirin Noor di Pilgub 2020

Persconference DPD Golkar Kalsel terkait pengusungan H Sahbirin Noor dan H Muhidin Pilkada 2020. (foto:rizqon/klikkalsel)
Persconference DPD Golkar Kalsel terkait pengusungan H Sahbirin Noor dan H Muhidin Pilkada 2020. (foto:rizqon/klikkalsel)
BANJARMASIN, klikkalsel.com – DPD Partai Golkar Kalimantan Selatan (Kalsel) akhirnya buka suara terkait beredarnya duet pasangan H Sahbirin Noor – H Muhidin di Pilkada pemilihan Gubernur – Wakil Gubernur tahun 2020.
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Golkar Kalsel, H Supian HK pada Persconference membenarkan munculnya nama H Muhidin di bursa bakal calon Wakil Gubernur yang nantinya akan mendampingi H Sahbirin Noor.
Namun ia juga membantah kalau H Muhidin menyalip nama-nama yang telah mendaftar sebagai bakal calon Wakil Gubernur di panjaringan bakal calon kepala daerah DPD Partai Golkar Kalsel seperti, Gusti Iskandar Sukma Alamsyah, Bupati Hulu Sungai Utara, H Abdul Wahid, anggota DPR RI, H Hasnuriyadi, Gusti Syakhyar, dan anggota DPRD Rosehan NB.
Baca juga : Golkar Tetapkan Haris – Yuni Maju Pilwali Banjarmasin 2020
“H Muhidin ditetapkan sebagai bakal calon Wakil Gubernur berdasarkan rekomenasi DPP Partai Golkar. Berdasar rekomdasi itu lah kita mengeluarkan surat bernomor A-054/GOLKAR-KS/VI/2020 tertanggal 26 Juni. jadi tidak ada salip menyalip,” tutur H Supian.
Duet Sahbirin – Muhidin ditambahkan H Supian yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kalsel juga diberikan tugas untuk mencari koalisi, dan sudah merangkul 5 partai politik, selain Golkar, dua diantaranya telah melayangkan surat resmi pengusungan.
Parpol yang telah dirangkul pasangan Sahbirin – Muhidin yaitu Partai Golkar, PDI Perjuangan, PAN, PKS, dan Partai Nasdem dengan jumlah 35 kursi di parlemen DPRD Kalsel.
H Supian juga membeberkan kedua nama figur itu telah dikirim ke DPP Partai Golkar, untuk diproses secara resmi agar diusung di Pilgub 2020. Selain itu kata dia, sudah ada 2 DPP partai politik melayangkan surat pengusungan terhadap H Sahbirin Noor Ketua DPD Partai Golkar Kalsel dan H Muhidin Ketua DPD PAN Kalsel.
“Saya buka aja, ada partai sudah di tangan kita yang dari persetujuan DPP selain daripada Golkar untuk mengusung Paman Birin dan Muhidin, PAN dan Nasdem. Tapi untuk yang lain masing menunggu,” ujarnya kepada awak media di Kantor DPD Partai Golkar Kalsel, Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Senin (29/6/2020).
Supain HK menambahkan, deklarasi pengusungan Sahbirin Noor – Muhidin diagendakan pada Agustus mendatang, sembari menunggu surat resmi DPP partai lainnya terkait pengusungan kepada pasangan kandidat ini.
Jika dilihat dari 3 partai politik yang mendukung petahana Sahbirin Noor yang berpasangan dengan rivalnya Pilkada 2015 lalu H Muhidin, pasangan kandidat ini telah mengantongi 22 kursi parlemen DPRD Kalsel dengan rincian Golkar 12, PAN 6, dan Nasdem 4. Jumlah 22 kursi ini melebihi 20 persen dari 55 wakil rakyat DPRD Kalsel yaitu 11 kursi sebagai syarat mendaftar di KPU Kalsel.(rizqon)
Editor : Amran