Silaturahmi ke Tanbu, FKUB HSU Belajar Mantapkan Toleransi dan Moderasi Beragama

Momen rombongan FKUB Kabupaten Hulu Sungai Utara berfoto bersama Bupati Tanbu dr HM Zairullah Azhar. Foto : Istimewa)

BATULICIN, klikkalsel.com – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (19/1/2023).

Kedatangan rombongan FKUB HSU yang dipimpin oleh Ketua H Syaifuddin MR didampingi Kooordinator Pendirian Rumah Ibadah Ilhamsyah Nor SSos serta sejumlah pengurus FKUB HSU disambut hangat oleh Ketua FKUB Kabupaten Tanah Bumbu H Abdur Rasyid.

“Adapun tujuan FKUB HSU berkunjung ke Kabupaten Tanah Bumbu adalah untuk menjalin tali silaturahmi. Selain itu, rombongan FKUB HSU juga ingin melakukan koordinasi tentang program kerja dan kiat-kiat dalam memantapkan toleransi dan moderasi beragama antar kedua belah pihak, baik dari FKUB HSU maupun FKUB Tanah Bumbu,” ungkap Ketua FKUB Kabupaten Tanah Bumbu, H Abdur Rasyid.

Rombongan FUKB HSU kemudian disediakan tempat beristirahat di Hotel Tirta Asri, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanbu.

H Abdur Rasyid menceritakan, sore harinya sekitar pukul 17.30 Wita, rombongan FKUB HSU diajak menuju pangajian rutin Lailatul Jumah di Masjid Darul Azhar.

Di tempat ini, rombongan FKUB HSU ikut mengikuti rangkaian acara dalam pengajian rutin, yakni shalat Maghrib berjamaah, shalat hajat, dzikir dan shalawat.

Baca Juga Menteri Agama RI Launching Program Kampung Zakat di Kabupaten Tanbu

Baca Juga Disperkimtan Ikuti Apel Pagi di Kantor Pertanahan Tanbu, Apa Saja Amanatnya?

Sesudah shalat Isya, tambah dia, dilanjutkan dengan tausyiah oleh salah seorang muballigh dari Tanah Bumbu, yakni Ustadz H Hamzah MA.

“Setelah itu dilanjutkan pembacaan amaliyah serta dzikir bersama, kemudian pembacaan shalawat dan yang tasbih dipimpin lansung oleh Bupati Tanbu dr HM Zairullah Azhar,” katanya.

Rombongan FKUB HSU kemudian diminta oleh Bupati Tanbu untuk menikmati jamuan makan malam di Istana Anak Yatim, dilanjutkan kunjungan ke Istana Anak Yatim.

Besok harinya Jumat (20/1/2023), FKUB HSU melakukan pertemuan dengan pengurus FKUB Kabupaten Tanah Bumbu di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Tanbu. Acara ini dipandu oleh Sekretaris FKUB Tanbu Drs HM Ishak.

Ketua FKUB HSU H Syaifuddin MR SAg dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pengurus FKUB Tanbu yang telah bersedia menyambut kedatangan mereka dengan ramah dan memberikan pelayanan yang sangat simpatik.

Pada kesempatan itu, Ketua FKUB HSU juga menyampaikan tentang program kerja seperti mensosialisasikan Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri (PBM) Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006 terutama tentang ketentuan pendirian rumah ibadah dan kiat-kiat lainnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Ketua FKUB Tanbu H Abdur Rasyid SAg MPd.

Seusai acara pertemuan dilanjutkan kunjungan silaturahmi ke kediaman Bupati Tanbu dr HM Zairullah Azhar.

“Alhamdulillah diterima langsung oleh ajudan Bupati dan terus dipersilakan masuk ke ruang kerja Bupati. Ternyata ruangannya yang sangat representatif. Kemudian kami juga dijamu makan bersama dengan beliau,” kata Ketua FKUB HSU, H Syaifuddin.

H Syaifuddin atas atas nama pengurus FKUB HSU kemudian mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tanbu dr HM Zairullah Azhar MSc dan Ketua FKUB Kabupaten Tanbu atas penerimaan dan jamuan kunjungannya.

“Semoga Bapak dr HM Zairullah Azhar diberikan kesehatan sekeluarga serta dikabulkan hajatnya dunia akhirat,” ucap H Syaifuddin mendoakan.(adv/rini)

Editor : Amran