Banjarmasin

95 Personil SAR Banjarmasin Disiagakan pada Natal dan Tahun Baru

BANJARBARU, klikkalsel – Badan Sar Nasional (Basarnas) Banjarmasin menggelar apel siaga pengamanan libur Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, di Kantor Sar Banjarmasin Jalan Ahmad Yani, Landasan Ulin, Banjarbaru, Rabu (18/12/2019).
Sedikitnya ada 95 personel yang disiagakan di sejumlah titik vital yang rawan kecelakaan.
Kepala Basarnas Banjarmasin, Mujiono menerangkan, apel tersebut digelar untuk memastikan kesiapan personel termasuk sarana prasarana yang dimiliki basarnas Banjarmasin, guna kenyamanan masyarakat di tengah momen Perayaan Natal dan Tahun Baru, yang merupakan momen berlibur bagi sebagian besar kalangan masyarakat.
Baca Juga : Ketua DPRD Kalsel Ingatkan Soal Kebersihan Bandara Syamsudin Noor
Mujiono mengatakan, Basarnas Banjarmasin melaksanakan siaga SAR khusus, terhitung dari 18 Desember 2019 hingga 08 Januari 2020.
Jelang perayaan tersebut, Basarnas Banjarmasin mengerahkan beberapa personil yang dibagi dalam beberapa Tim.
Masing-masing tim atau regu nantinya ditempatkan di tiga titik vital yakni Bandara, Pelabuhan, dan tempat-tempat Wisata di sekitar wilayah Kalselteng.
“Jumlah personil yang diturunkan nanti itu Sekitar 95 orang yang nantinya bertugas untuk mengcover seluruh wilayah kerja Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin. Ada tiga tim yang kita turunkan secara mobile berkeliling di beberapa titik Bandara dan pelabuhan yang berada di wilayah kota Kalsel-Teng dan sekitarnya,” pungkasnya.

Kantor SAR Banjarmasin.

Adapun beberapa perlengkapan dan peralatan yang dipersiapkan Basarnas kota Banjarmasin jelang perayaan hari besar tersebut, diantaranya, kapal KN SAR Laksmana, RB 306,207,305 dan RB 407, Tiga buah RIB, Rubber Boat, ambulance, amphibious, ATV, Rescue truck, Rescue car dan motor trail.
“Mari kita tingkatkan Profesional sinergitas dan Militan bersama anggota TNI-Polri dan instansi terkait dalam memberikan rasa aman saat perayaan Natal serta Tahun baru 2020,” sebutnya
Baca Juga : Jelang Natal dan Tahun Baru, Polsek Banjarbaru Barat Gencar Patroli
Dalam operasi ini, juga dilakukan pengendalian Alut (Alat Utama) dan personil telah disusun dalam rencana operasi SAR. Sebab, menurut Mujiono, akhir-akhir ini kondisi cuaca yang tidak menentu dengan intensitas hujan lebat menjadi perhatian dengan resiko yang lebih tinggi.
Oleh sebab itu, pihaknya telah mengarahkan seluruh Pos SAR di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah untuk bersiaga.
“Saya telah mengarahkan seluruh personil Basarnas Banjarmasin termasuk di Pos SAR agar lebih meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya musibah dan bencana,” pungkas Kepala Basarnas Banjarmasin, Mujiono. (rizqon)
Editor : Akhmad
To Top