Kalsel

3 Bapaslon Independen Ramaikan Pilkada HST 2020.

Johansyah ketua KPU Hulu Sungai Tengah (foto: Wawan/Klikkalsel)
BARABAI, klikkalsel.com – Pilkada Hulu Sungai Tengah (HST) mendatang akan diramaikan dengan keikutsertaan 3 pasangan perseorangan (independen).
Berdasarkan jumlah DPT HST yang berjumlah 184.435, maka syarat minimal dukungan bagi Bapaslon perseorangan untuk HST ialah 10 persen yaitu berjumlah 19.010, yang harus tersebar di 6 Kecamatan diantara 11 kecamatan di Kabupaten HST.
“Berdasarkan hasil rekapitulasi yang selesai dilakukan pada 20 Agustus lalu, maka ada beberapa pasangan yang melakukan perbaikan berkas dinyatakan lulus semua tahapan verifikasi,” tutur Ketua KPU HST Johansyah, kepada klikkalsel.com, Senin (31/8/2020).
Untuk diketahui sebelumnya ada 4 Bapaslon yang mengajukan maju di Pilkada HST, yaitu atas nama H Aulia oktafiandi dan H Mansyah Sabri, H Faqih Jarjani dan Abu Yazid Bustam, H Muslih Amberi dan Andi Mahfudi serta H Ahmad Tamzil dan HM Ilham Effendi.
Baca Juga : KPU Balangan Siap Hadapi Tahapan Pilkada 2020
Berdasarkan hasil pleno pada 21/07/2020 yang lalu, dalam hal ini Pasangangan H Aulia Oktafiandi dan H Mansyah Sabri dinyatakan lolos dengan mengumpulkan dukungan sebanyak 19.815.
Sedangkan untuk 2 Bapaslon yaitu, H Faqih Jarjani dan Abu Yazid Bustami yang mengumpulkan 17.591 dukungan serta H Ahmad Tamzil dan H Ilham Effendi dengan 16.270 dukungan, diperkenankan mengajukan perbaikan berkas dukungan.
Setelah kedua Bapaslon tersebut melakukan dan mengadakan perbaikan berkas dukungan. Maka berdasarkan hasil pleno pada 20 Agustus 2020, keduanya dinyatakan lolos dengan masing masing mengumpulkan H Faqih Jarjani dan Abu Yazid Bustami dengan 3.011, serta H Ahmad Tamzil dan H Ilham Effendi dengan 4.294 dukungan.
“Sedangkan H Muslih Amberi yang berpasangan dengan Andi Mahfudi memang dari hasil pleno tahap pertama sudah dinyatakan tidak lolos,” ujar Johansyah.
“Berdasarkan tahapan selanjutnya, maka mereka akan mendaftar pada tanggal 4 sampai 6 september mendatang, lalu kemudian akan di cek kesehatannya pada tanggal 6 hingga 9 september mendatang,” tukasnya. (wawan)
Editor : Akhmad
To Top