3.427 Santri di Tanah Bumbu Ikuti Khataman Massal

Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor didampingi Sekretaris Daerah, Rooswandi Salem menyerahkan hadiah kepada seorang santri dalam acara Khataman Al-Qur'an.(foto : istimewa)
BATULICIN, klikkalsel.com– Sebanyak 3.427 orang santri di Tanah Bumbu (Tanbu) mengikuti khataman Al-Quran secara massal di Masjid Agung Nurussalam, Batulicin, Kamis (26/12/2019).
Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor didampingi Sekretaris Daerah yang sekaligus Ketua LPTQ Tanbu H Rooswandi Salem dan Ketua Umum BKPRMI Tanbu HM Idjrai turut hadir dan membuka secara resmi pelaksanaan khataman Al-Quran tersebut.
“Kami akan melaksanakan kegiatan ini setiap tahun. Tujuannya adalah untuk menjadikan masyarakat Tanah Bumbu yang Qurani,” ucap Sudian Noor.
Sehingga untuk mendorong semangat terbentuknya masyarakat Qur’ani, setiap anak-anak muslim mulai jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) diharapkan sudah mampu menguasai hafalan Jus Amma (buku tuntunan membaca Al-Qur’an).
Baca juga : Peringati HUT DPW, Kepala SKPD di Tanbu Diuji Memasak
Pemerintah Kabupaten Tanbu akan memberi penghargaan khusus bagi siapa saja lulusan SD yang berhasil menghafal Jus Amma tersebut.
Bupatipun mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya Khataman Al-Qur’an tingkat daerah secara masal tahun ini.
Seorang Qori yang sebelumnya sempat meraih juara dua MTQ tingkat Internasional di Kota Bangkok 2016 silam yaitu Ustadz H Akhmad Azroi Hasibuan juga telah dihadirkan untuk memberikan memotivasi kepada para santri saat khataman masal tersebut.
Acara juga dirangkai dengan cemarah agama oleh KH Sjaiful Hamdi Naumin dari Bogor, Jawa Barat. Prosesi khataman dipimpin langsung oleh ustadz Badawi dari Batulicin, Kabupaten Bumbu.
Bagi santriwan-santriwati yang berhasil menghafal Jus Amma diberikan hadidah oleh bupati berupa 10 buah sepeda gunung dan lima buah tabungan dengan nilai saldo masing-masing Rp1 juta.
Turut hadir dalam acara khataman secara masal tersebut jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Kementrian Agama Tanbu, unsur pimpinan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kabupaten Tanbu, pimpinan ormas keagamaan, camat, dan Ketua TP PKK Tanbu.(anto/adv)
Editor : Amran