Ziarah ke Makam Guru Zuhdi Wajib Gunakan Protokol Kesehatan

BANJARMASIN,klikkalsel.com – Sejak beberapa hari yang lalu, makam KH Zuhdiannor atau yang akrab disapa Guru Zuhdi sudah dibuka. Sejumlah jemaah mulai berdatangan untuk berziarah dengan menerapkan protokol kesehatan.
Guru Ahmad atau yang akrab dipanggil Abah Ahyat yang sering menemani Guru Zuhdi saat pengajiannya mengatakan, sudah beberapa hari yang lalu para jemaah boleh berjiarah kemakam Guru Zuhdi dengan menjalankan protokol kesehatan, menggunakan masker serta menjaga jarak dan melakukan cuci tangan.
“Makam untuk peziarah memang sudah dibuka. Namun kalau pun toh ada warga yang datang diperbolehkan sebentar saja, hanya untuk mengabulkan hajat mereka, dan dianjurkan untuk tidak berlama-lama,” tutur Abah Ahyat, Rabu (24/6/2020).
Terkait jadwal untuk jemaah yang akan berziarah disampaikannya, dibuka sejak pagi, namun jika terlalu ramai para jemaah yang hadir sejumlah oleh petugas akan membatasinnya.
“Jam setengah enam sore untuk ziarah kami tutup,” ucapnnya.
Sementara Muslimin salah seorang jemaah yang datang dari Kota Banjarbaru mengatakan, kabar telah dibukanya makam Guru Zuhdi untu peziarah didapat dari rekannya yang tak jauh dari perumahan makam Guru Zuhdi.
“Lama sudah hajat kami ingin berziarah kesini dan setelah mendengar kabar telah diperbolehkan kami beserta keluarga langsung berziarah kesini,” ucap Muslimin.
Dari pantauan klikkalsel.com, para peziarah laki-laki dan perempuan dipisahkan untuk memasuki area makam Guru Zuhdi.(azka)
Editor : Amran