Yuliadi Sempat Dua Kali Salah Ijab Qabul, Hingga Mengundang Canda Tawa

Yuliadi tertawa ke arah mempelai wanita, saat ia salah melakukan ijab qabul. Sontak para hadirin pun turut tertawa tak terkecuali Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang menjadi saksi nikah.(foto : rizqon/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel- Suasana khidmat ditambah rasa bahagia mewarnai pernikahan massal di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Sabtu (4/5/19).

Terlebih, tatkala menggema di ruang Masjid Sabial ketika canda tawa dari para undangan dan peserta nikah massal saat salah satu mempelai pria sempat salah berijab qabul, sebanyak dua kali.

Tawa para hadirin pecah tak terkecuali penghulu dan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat menjadi saksi pernikahan massal kala mempelai pria bernama Yuliadi tertawa sendiri, sadar kesalahannya saat melalukan ijab qabul di samping mempelai wanita bernama Najiro.

Penghulu dan saksi menyatakan sah ketika ijab qabul yang diucapkan Yuliadi yang ketiga. Menurut warga Banjarmasin Utara itu, kejadian tersebut adalah pengalaman paling berkesan dalam hidup.

Sebab, orang nomor satu di Kalsel H Sahbirin Noor, dan Kepala Kanwil Kemenag Kalsel H Noor Fahmi menjadi saksi nikahnya, dalam agenda nikahan massal tersebut.

“Tadi salah ijab qabul, gugup karena saksinya bapak gubernur, tidak menyangka beliau di hadapan saya. Wah sangat bahagia beruntung sekali,” ucapnya dengan wajah tersenyum.

Sementara itu, Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin mengaku turut merasakan kebahagian pelaksanaan nikahan massal tersebut. Baginya, salah dalam membaca ijab qabul itu hal biasa dan pasti ada rasa gugup.

“Kita saksikan bersama betapa bahagia melaksanakan nikah, tentu saja menggembirakan bagi kita juga. Tentu saja semoga mempelai, kita harapkan berbahagia jadi keluarga sakinah, mawaddah wa rahmah,” tutur Paman Birin.

Sementara itu, nikahan massal ini sendiri adalah program Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel yang menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalsel. Ada 50 pasangan kekasih melakukan ijab qabul nikah nikahan massal dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah. (rizqon)

Editor : Amran