Religi

Yuk Ibadah Subuh ke Masjid, Ini Alasannya

Foto : Net

SHOLAT lima waktu menjadi kewajiban bagi setiap umat Islam. Lalu ada dua sholat sunnah yang sangat diajurkan, karena hampir pernah ditinggalkan Nabi Muhammad SAW. Yaitu sholat sunnah witir dan sholat sunnah sebelum sholat subuh.

Sholat sunnah subuh ini disebut qabliyah subuh adalah salah sholat sunnah rawatib yang mengiringi sholat fardhu subuh dan dikerjakan shalat subuh.

Jumlah rakaat pada shalat sunnah qabliyah subuh adalah 2 rakaat dan hukumnya adalah sunnah muakkadah, yaitu sholat yang sangat dianjurkan.

Mengingat, hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah hampir tidak pernah meninggalkan shalat sunnah sebelum sholat fardhu subuh ini.

Dalam tausiah usai sholat subuh yang disampaikan Ustad Maswan di Masjid Al Munawarah Kramat, ada dua kenikmatan ketika datang subuh adalah nikmat dan waktu luang.

Sholat subuh disaksikan dua malaikat yqng turut mendoakan, diampuni dan mendapat berkah dari Allah SWT.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam , bersabda:
Dua rakaat (sebelum) Subuh lebih baik daripada dunia seisinya [HR. Muslim].

Tapi, ingatnya mengutip perkataan Aa Gym, sholat fardu berjamaah lebih utama di mesjid. Sebab laki laki sejati adalah menunaikan sholat fardu berjamaah di masjid, sedangkan bila dikerjakan di rumah menjadi sholehah.

“Datang ke mesjid kita akan menjadi tenang dan karena mesjid pusat segala kegiatan,” ajak Ustad Maswan.

Selain beribadah subuh, Rasulullah berkata kebun-kebun atau taman-taman surga adalah mengikuti majelis majelis untuk mendengarkan tentang masalah agama.

Nabi SAW bersabda, ”Apabila kalian berjalan melewati taman-taman Surga, perbanyaklah berzikir.” Para sahabat bertanya, ”Wahai Rasulullah, apakah yang dimaksud taman-taman surga itu?” Nabi menjawab, ”Yaitu halaqah-halaqah zikir (majelis ilmu).” (HR at-Tirmidzi (no. 3510), Ahmad (III/150), dari Shahabat Anas bin Malik ra.

Oleh karena itu, ada cara menghidupkan sunah Rasullah yaitu, mengenal Rasullah, melaksanalan tauladan Rasullah, taat pada Rasullah, mengikuti hukum yang menjadi ketentuan Rasullah, mengikuti sunah sunah Rasullah, serta banyak membaca salawat pada Rasullah.

Oleh : H Sukhrowardi
Editor : Farid

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top