Wujudkan Smart City, Pemko Siapkan 10 Titik WiFi Gratis

Teks foto : Kepala Dinas Kominfo Kota Banjarmasin, Hermansyah saat memberikan keterangan pers

BANJARMASIN, klikkalsel – Demi mendorong terwujudnya kota yang Smart City, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin akan membangun beberapa spot wifi gratis di beberapa ruang publik di Banjarmasin.

Kepala Dinas Kominfo Kota Banjarmasin, Hermansyah mengungkapkan, pembangunan spot internet gratis tersebut akan berada pada 10 titik.

Lokasi tersebut dikatakan Hermansyah berada di sekitar area Patung Bakantan, Menara Pandang, Taman 0 km, Taman Kamboja, Kuliner Baiman, Taman bermain RPTA di Banua Anyar, dan Mawarung Sei Jingah.

“10 lokasi itu tidak lama lagi akan kami bangun sekitar satu pekan ini,” ucapnya di Balaikota Banjarmasin, Rabu (8/10/2018).

Hermansyah mengatakan, pemasangan spot Wifi tersebut pihaknya saat ini belum menggandeng pihak ketiga. Dimana pembuatan tersebut masih menghunakan APBD yang rencananya akan mengeluarkan sekitar Rp 35 juta.

Dan ketika berbicara tentang Bandwidth internet atau nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bite/detik, masing masing lokasi kecepatannya sebesar 50 mbps, sedangkan lokasi taman bermain anak di bawah Jembatan Anyar hanya 10 mbps.

“Kekuatan bandwidth di 10 lokasi itu sementara dipasang, nanti kedepan apabila dirasa kurang akan diperbesar lagi, sehingga bisa lebih banyak lagi warga menggunakan dan memanfaatkan internet gratis,” tutur Hermansyah.

Herman kembali mengungkapkan, kecepatan internet itu setiap malam akan diperbesar karena banwidth di Pemko akan dibagikan lagi ke lokasi lain, disesuaikan dengan jam kerja perkantoran Pemko Banjarmasin.

“Bila siang bandwithnya sesuai yang ada tadi, tapi kalau malam bisa bertambah, karena mendapat transfer bandwith dari server Balalikota Banjarmasin,” tandasnya. (fachrul)

Editor: Elo Syarif

Komentar Facebook