Banjarmasin

Waspada Banjir dan Curah Hujan Tinggi, Pemko Banjarmasin Sudah Lakukan Antisipasi

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Darurat banjir di Kalsel menjadi suatu hal yang harus di waspadai setiap daerah, terlebih disejumlah daerah di Banjarmasin saat ini sedang tergenang Banjir.

Penjabat Gubernur, Safrizal ZA meminta agar seluruh daerah di Kalsel berstatus Siaga Satu terlebih dengan tingginya curah hujan pada saat Juni 2022 nanti.

“Saya sudah sampaikan ke daerah agar melakukan persiapan untuk mengurangi risiko dan korban jiwa dan harta benda kalau terjadi bencana,” ucapnya, Selasa (18/5/2021).

Salah satu alasan ditetapkannya status ini, tidak lain untuk meminimalisir risiko, baik itu korban harta benda hingga korban jiwa.

Menindak lanjuti hal tersebut Pemko Banjarmasin rupanya sudah melakukan berbagai persiapan. Sebagaimana diketahui bahwa Kota Banjarmasin merupakan salah satu daerah yang terdampak musibah banjir di Januari 2021.

Belajar dari pengalaman itulah, Pemko Banjarmasin pun terus melakukan antisipasi termasuk juga penanganan.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Mukhyar, mengatakan bahwa Pemko Banjarmasin sudah melakukan upaya persiapan untuk menanggulangi bencana Banjir tersebut.

“Belajar dari pengalaman banjir awal tahun tadi, makanya antisipasi terus kita lakukan khususnya melalui instansi terkait,” ujarnya Rabu (19/5/2021).

Sementara itu, PLT Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin yakni Edy Wibowo mengatakan bahwa pihaknya pun siap menjalankan instruksi dari Pj Gubernur Kalsel.

“Semua sesuai dengan arahan dari PJ Gubernur Kalsel. Dan ini agar kita lebih waspada dini,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi menegaskan berbagai upaya terus dilakukan pihaknya.

Salah satunya upaya yang dilakukan yakni dengan melakukan normalisasi dan pengerukan sungai yang mengalami pendangkalan, serta dinilai terjadi penyumbatan.

“Kita sudah mengerahkan pasukan turbo untuk melakukan pengerukan sungai-sungai, dan ini tujuannya adalah agar sungai pun bisa menampung debit air lebih besar,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Amran

To Top