Kesehatan

Warga Kampung Tangguh Banua di Desa Wayau, Diimbau Patuhi Protokol Kesehatan

TANJUNG, klikkalsel.com – Subsatgas Preemtif Satbinmas Polres Tabalong melaksanakan kegiatan pencegahan Covid-19 di Kampung Tangguh Banua, Desa Wayau, Kecamatan Tanjung, Tabalong, Selasa (10/11/2020).

Dalam giat tersebut, Satbinmas Polres Tabalong melakukan pengecekan sejumlah sarana dan prasarana pendukung Kampung Tanggung Banua mulai dari posko, aministrasi, ruang isolasi, rumah hingga ketahanan pangan berupa kolam ikan, kebun sayur dan tanaman obat-obatan.

Kapolres Tabalong, AKBP M Muchdori melalui Kasat Binmas Polres Tabalong, IPTU Salahuddin Kurdi mengatakan, kegiatan ini dalam rangka melaksanakan silaturahmi dan imbauan “Ayo Pakai Masker” serta meyampaikan Maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap protokol Kesehatan dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2020.

Dalam kesempatan itu, para Kepala Desa dan seluruh perangkat desa serta Ketua dan anggota BPD desa Wayau diminta tetap memberikan edukasi berbasis komunitas sesuai protokol kesehatan dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga Social Distancing, Pysical Distancing minimal jarak 1m dan menghindari kerumunan untuk memutus mata rantai pandemi penyebaran Covid-19,” jelas Salahuddin.

Dirinya menerangkan, pada masa adaptasi kebiasaan baru di Provinsi Kalsel khususnya di Kabupaten Tabalong maka saat ini sudah dilaksanakan penegakan justisi tentang perbup Tabalong No 26 tahun 2020.

Maklumat Kapolda Kalimantan Selatan tentang Karhutla serta Pemilukada Propinsi Kalsel tahun 2020 juga turut disampaikan.

Kepala Desa dan para perangkat desa juga dihimbau untuk mengajak masyarakatnya agar jangan membuka lahan dengan cara membakar tetap hati-hati dalam menghadapi musim kemarau.

“Agar mengetahui dan menginformasikan bahwa pada tanggal 9 Desember 2020 yang akan datang akan dilaksanakan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Kalsel sehingga tetap saling menghormati tidak terpecah belah walaupun beda pilihan,” terang Salahuddin.

Lebih lanjut, Salahuddin menambahkan, Kampung Tangguh Banua tetap harus eksis sebagai upaya pemerintah khususnya tiga pilar guna menekan penyebaran virus corona di Tabalong.

“Dan kita juga sudah mempunyai Pesantren Tangguh Banua yaitu Pesantren Ustad Ali Bustomi di Desa Marindi, Kecamatan Haruai, Tabalong,” pungkasnya.(arif)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top