Fenomena

Warga HSU Khawatir Debit Air Sungai Tinggi Berdampak Terjadi Banjir

AMUNTAI, klikkalsel.com – Curah hujan tinggi di wilayah hulu sungai, Tabalong dan Balangan, begitu juga dibeberpa hari terakhir hujan mengguyur di Hulu Sungai Utara (HSU) sejak Sabtu, (11/4/2020) kemarin, menjadikan debit air sungai Tabalong dan Balangan yang bermuara di Kota Amuntai (Sungai Negara) mengalami peningkatan drastis.
Tingginya debit air tersebut, membuat khawatir warga Amuntai dan sekitarnya, karena ancaman terjadinya banjir bisa saja datang. Dari pemantauan, Senin (13/4/2020) siang, debit air sungai bahkan sudah naik membasahi jalan dan rumah warga yang berada di bantaran sungai. Bahkan sebagian sudah mulai terendam banjir.
Selain itu, sejumlah jalan seperti kawasan kota Amuntai di jalan protokol A Yani tepatnya berada di depan perkantoran seperti Dispersip HSU dan Kejari HSU tak luput dari genangan air.
Begitu juga di Jalan Abdul Aziz yang berada di kawasan hulu Pasar Amuntai, kawasan Paliwara dan Palampitan Hulu di Kecamantan Amuntai Tengah, Desa Pakapuran di kawasan Kecamatan Amuntai Utara, juga mengalami hal serupa.
Salah seorang warga Desa Tambalangan hulu pasar Amuntai, Aulia Rayyan, mengakui debit air sungai Balangan sudah menggenangi Jalan Abdul Aziz setinggi sekitar 20-30cm berangsur-angsur sejak pagi.
“Mulai pagi tadi air sudah mulai naik, ini tinggi nya sekitar mata kaki lebih,” ujarnya.
Sementara Latifah warga Desa Pakapuran Kecamatan Amuntai Utara Latifah, mengakui rumahnya sudah sepekan terakhir digenangi air sekitar 20 cm, sempat beberapa kali dimasuki ular.
“Karena air rawa yang berada di belakang rumahnya belum surut, ditambah luapan sungai yang semakin tinggi menggenang, dirinya khawatir banjir bakal berlangsung lama,” tukasnya.(doni)
Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top