Warga Cempaka Putih Keluhkan Trafo Tak Kunjung Normal

Sabtu dinihari ketika petugas PLN memperbaiki Trafo dikawasan Cempaka Putih (foto : azka/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel- Sejumlah warga kawasan Komplek Cempaka Putih, Kelurahan Kuripan, Banjarmasin Timur sempat kesal. Pasalnya jika hujan turun diseratai angin kencang, aliran listrik di selalu padam.

“Jika keadaan hujan atau angin bertiup kencang , pasti aliran listrik dikawasan tersebut mengalami gangguan, dan arus listriknya seperti turun naik, tentunya ini sangat mengganggu,” ujar Rina yang di tinggal di RT 08 Komplek Cempaka Putih, Sabtu (12/1/2019).

Sebelumnnya sebuah trafo (transformator) yang ada di sekitar depan rumah dinas Camat Banjarmasin Timur berdekatan sekolahan SD setempat, meledak kemudian diganti.

Kendati demikian, tetap mengalami kendala. Keadaan itu pun kemudian dilaporkan oleh warga hingga normal kembali. Akan tetapi, pada Jumat sore (11/1/2019) gangguan kembali muncul. Akhirnya dinihari sekitar pukul 01.30 ada petugas yang memperbaikinya.

Namun sayang hingga menjelang siang tersebut aliran listrik dikawasan tersebut belum stabil.

“Dari tadi malam hingga saat ini aliran listrik belum berfungsi. Daya listrik yang turun naik, mengakibatkan TV dan sejumlah alat elektronik lainnya rusak,” timpal Nadia tetanggga Rina.

Sementara M Yusfiansyah, Deputi Menager Hukum dan Humas PLN Wilayah Kalselteng, saat di konfirmasi melalui telpon mengatakan pihaknya akan menelusuri akibat gangguan tersebut.

“Terimakasi atas semua, kita akan cek kalau disebut ledakan pada trafo bukan, tadi saya cek kepetugas dapat jawaban tak ada meledak. Ya mungkin bunyi keras itu pada bagian alat di trafo, tapi bukan trafo-nya yang meledak, biasanya hanya alat bagian pembagi aliran listrik, semacam pengamanan jika ada bermasalah, atau beban maka melengeluarkan bunyi.’’ beber Yusfiansyah.

Saat ditanya apakah menggunakan alat yang lama saat dipasang , Yusfi mengatakan by telepon untuk alat yang dipasang atau pergantian dalam keadaan baik dan layak.

“Tapi nanti kita telusuri lagi, dan ini menjadi masukan bagi PLN’’ ucapnya.(azka)

Editor : Alfarabi