Walhi Ingin Persoalan Lingkungan Menjadi Perhatian di Pilkada 2018

BANJARMASIN, klikkalsel– Pelaksanaan Pemilihan kepala daeraj (Pilkada) serentak 2018 diharapkan menjadi momen penting, khususnya yang berada di empat kabupaten yakni Tabalong, Hulu Sungai Selatan (HSS), Tapin dan Tanah laut (Tala).

Tahun politik yang dihadapi empat kabupaten tersebut juga jadi momentum untuk memilih kepala daerah. Para kandidat yang nantinya terpilih menjadi bupati-wakil bupati harus mampu menjawab persoalan di daerahnya.

Direktur Walhi Kalsel, Kisworo Dwi Cahyono menilai momen politik ini harus jadi moment penting, karena kata dia ada berbagai persoalan lingkungan hidup, bencana ekologis, konflik agraria, dan keselamatan rakyat yang harus diutamakan.

“Para kandidat harus mampu menjawab persoalan lingkungan, serta menjamin keselamatan rakyat, buktikan bahwa hal itu bukan sekadar janji manis dan indahnya visi misi para calon,” tutur Dwi Cahyono, Kamis (11/1/2018).

Bahkan, ia mendorong agar rakyat menjadi pemilih yang berdaulat tanpa terpengaruh janji manis dan tekanan negatif serta lebih waspada terhadap “siapa” atau “kekuatan” apa dibelakang para kandidat.

Adapun Walhi meminta kepada penyelenggara yakni KPUD baik ditingkat provinsi maupun kabupaten kota, agar dalam melaksanakan debat kandidat memasukkan materi persoalan lingkungan.

Selain itu ujarnya, secara pribadi meminta agar bersama sama membangun komitmen dan konsisten untuk menjaga pelaksanaan pesta demokrasi dalam suasana yang kondusif.(baha)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.