Ekonomi & Bisnis

Wakil Rakyat Dorong Perkuatan UMKM Untuk Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

TANJUNG, klikkalsel.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan memasuki masa menyerap aspirasi (Reses) pada 27 hingga 31 Oktober 2020.

Mereka turun ke Daerah pemilihannya (Dapil) masing-masing untuk menyerap langsung aspirasi dari masyarakat.

Tak terkecuali Firman Yusi, anggota DPRD Privinsi Kalsel dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera daerah pemilihan Kalel 5 (Tabalong, Balangan dan HSU) ini, sejak 27 Oktober 2020 lalu sudah berada di dapilnya.

Dalam resesnya, bebagai hal dikemukan pria yang akrab disapan Firman ini. Salah satunya terkait pemulihan ekonomi bagi warga yang terdampak Covid-19.

Firman menyampaikan, untuk mengatasi hal tersebut, solusi yang tepat adalah penguatan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) serta memberikan pelatihan bagi anak muda untuk lebih terampil.

“Solusi yang harus segera diambil adalah menguatkan kembali UMKM, menggiatkan pelatihan keterampilan anak muda serta menggalakkan penggunaan produk lokal dalam skala pribadi atau program pemerintah dan swasta,” ungkapnya usai melakukan serangkaian pertemuan dan kunjungan, Kamis (29/10/2020).

Dikatakan Firman, faktor-faktor pendukung harus diberikan dukungan lebih oleh pemerintah.

Saat kunjungannya dan bertemu langsung serta konsultasi dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), pihak PLTU bisa berkontribusi besar dalam mempercepat pengembangan UMKM.

“Mereka bisa berkontribusi besar mempercepat pengembangan UMKM. Tapi masih memerlukan dukungan, baik oleh pemerintah kabupaten maupun pemerintah propinsi,” ujarnya

Demikian pula dengan anak muda di desa-desa, menurut Firman, para kum muda memiliki kemauan kuat untuk meningkatkan keterampilannya agar bisa berwirausaha, namun terkendala biaya.

Sementara menurutnya juga, saat ini pemerintah desa juga terkendala memberikan dukungan karena pengalihan anggaran untuk penanganan covid-19.

“Pemerintah provinsi sudah selayaknya juga turut membantu dan hadir sampai ke tingkat desa mendukung pemulihan ekonomi ini,” harap Sekeretaris Komisi IV DPRD Kalsel ini.

Selain isu tersebut, isu-isu pendidikan dan pelestarian budaya juga menjadi perhatian Firman dalam resesnya kali ini.

“Nanti akan saya lebih detilkan dalam e-pokir, dan mudah-mudahan kerja lembaga legislatif ini bisa diperhatikan oleh pemerintah daerah,” imbuh Firman.(arif)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top