HST

Wajib Disimpan! Ini Nomor Kontak Darurat Pemadam Kebakaran Se Kabupaten Hulu Sungai Tengah

BARABAI, klikkalsel.com – Informasi yang dihimpun dari postingan instagram @wargamurakata, pada hari Senin (14/6/2021) melampirkan nomor kontak darurat pemadam kebakaran se Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Diketahui kontak tersebut merupakan kontak para anggota pemadam yang tergabung dalam organisasi Balakar 654 Murakata.

“Silakan disave dangsanak nomor kontak BPK/pemadam kebakaran yang tergabung di Balakar 654 Murakata, siapa tahu sewaktu-waktu bisa diperlukan oleh masyarakat. Petugas akan cepat datang jika diperluakan,” tulisnya dalam postingan itu.

Dikonfirmasi, H Hernadi Sekretaris Balakar 654 Murakata menuturkan para anggota dibagi ke dalam 3 zona sesuai dengan lokasi dari unit pemadam itu sendiri, serta kondisi geografis yang ada di wilayah HST.

Ia menjelaskan, pembagian 3 zona itu meliputi, zona 1 wilayah Barabai, Pandawan, Pagat, dan Hantakan dengan 29 unit BPK. Kemudian zona 2 wilayah Kasarangan, Pantai Hambawang, dan Haruyan dengan 18 unit BPK. Selanjutnya zona 3 meliputi wilayah Birayang, Batu Tangga, Limpasu, dan Ilung dengan 5 unit BPK.

“tujuan dari pembagian zona itu untuk meminimalisir biaya operasional dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan,” tambahnya.

Baca Juga : Wujudkan Polri Presisi, Polres HST Gelar Pelatihan Humas kepada Para Personel

Namun, ada pengecualiaan jika kebakaran terjadi cukup besar atau meluas. Seluruh BPK dari ketiga zona tersebut boleh merapat, bahkan dari BPK kabupaten sebelah juga jika diperlukan. Selain itu, jika terjadi kebakaran di daerah irisan atau batas kota sistem zona itu pun juga tidak berlaku.

“sistem zona itu dibuat hanya sebagai pedoman para relawan BPK dalam menjalankan misi mulianya, namun dalam kondisi lapangan kita tetap menjalankan fleksibelitas dengan komunikasi yang teratur,” katanya.

Dalam postingan itu juga disampaikan catatan penting dan harapan untuk berkomunikasi sesuai dengan keperluannya.

“Tapi kami berharap semoga nomor-nomor ini jangan sampai dihubungi, karena bila dihubungi berarti ada dangsanak kita yang terkena musibah, mudahan kita sabarataan dihindarkan dari bala musibah yang kada kita kehendaki,” tutup postingan itu. (dayat)

Kontak-kontak tersebut dapat dilihat di bawah ini :
https://drive.google.com/drive/folders/1Zgi8LEkNKzOkgMLy8fWvyX4yyLrDiPS1?usp=sharing

Editor : Amran

To Top