Indek Berita

Wah, Banjarmasin Jadi Tuan Rumah Kongres Sungai

BANJARMASIN, klikkalsel – Kota Banjarmasin akan tuan rumah dalam kegiatan Kongres Sungai III. 33 provinsi se Indonesia akan hadir pada acara akbar tersebut. Kegiatan yang akan berlangsung 1 sampai 4 November 2017, sudah mencapai 1.000 peserta.

Kota Banjarmasin yang dikenal dengan julukan Kota Seribu Sungai siap menjadi tuan rumah Kongres Sungai III. (foto : net)

Bahkan, saking banyaknya pendaftar dari penjuru provinsi, dikhawatirkan panitia akan melebihi target. Sehingga, panitia pendaftaran terpaksa menutup guna menghindari membludaknya peserta pada acara nanti.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyampaikan, antusias peserta dari seluruh Indonesia berkeinginan untuk hadir, apalagi provinsi Jawa tengah yang akan memberangkatkan hampir 87 perwakilannya.

Selain Jawa Tengah ditambahkannya, ada beberapa provinsi yang juga berkeinginan berhadir pada Kongres Sungai III, seperti DKI Jakarta dan pulau Sumatra yang akan turut memeriahkan pegelaran sungai tersebut.

”Selain beberapa provinsi ada juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Panjaitan juga akan hadir. Beliau tertarik dengan cara tersebut karena isu sungai adalah termasuk dari pembangunan kemaritiman Indonesia,” tutur Ibnu Sina.

Adapun beberapa isu penting yang akan dibahas di Kongres Sungai III nanti, antara lain sungai itu harus menjadi kepedulian bersama. Dalam arti, untuk menjadikan sungai di Banjarmasin sebagai beranda depan. Sehingga  Pemkot Banjarmasin berkeinginan bagi sungai yang lintas kabupaten/kota bahkan lintas provinsi mempunyai satu manejemen.

“Kita nanti akan mengusulkan membangun Badan Otoritas Sungai atau
Badan Otoritas Barito yang menjadi tanggungjawab pemerintah pusat,” uajrnya.

Selanjutnya, Pemkot Banjarmasin juga akan mengangkat isu untuk melahirkan semacam protokol Banjarmasin atau deklarasi Banjarmasin terkait dengan pembangunan sungai bekelanjutan.

Dia juga menjelaskan untuk Kongres Sungai III ini berbeda dari Kongres Sungai I dan III serta untuk persiapannya sudah mencapai 80% mendekati waktu pelaksanaan.(baha)

 

Editor : Amran

To Top