Banjarbaru

Volume Sampah Di Banjarbaru Menurun Selama Ramadhan.

BANJARBARU, klikkalsel.com – Pemerintah Kota Banjarbaru menyebut, volume sampah di wilayahnya menurun seiring dengan perubahan pola konsumsi masyarakat selama Bulan suci Ramadhan 1442 saat pandemi Covid-19.

“Tren biasanya peningkatan volume sampah tiap tahun biasa terjadi saat Ramadhan, namun untuk di bulan Ramadhan tahun ini Volume sampah di Kota Banjarbaru mturun,” kata Kasi Pengolahan Persampahan DLH Banjarbaru, Hafid, Rabu (28/4/2021).

Hafid menjelaskan, penurunan volume sampah ini terhitung dari bulan akhir Maret yang setiap harinya armada mengangkut sampah sebanyak 165 Ton perhari.

Sedangkan untuk volume sampah di bulan Ramadan sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Gunung Kupang Banjarbaru berkurang 8 ton, 152 Ton perharinya.

“Aktifitas berkurang mungkin masyarakat, terlebihnya ini masih masa pendemi Covid 19 jadi lumayan berpengaruh salah satunya seperti acarabukber itu jarang. Jadi rata rata perhari di Bulan Ramadhan 152 Ton, berkurang sekitar 8 Ton dari akhir bulan Maret yang perhari ya 165 Ton sampah yang diangkut,” jelasnya.

Namun, dari penurunan volume sampah ini pihaknya masih tetap mengantisipasi membludaknya Volume sampah terlebihnya ketika akhir bulan Ramadhan menjelang hari Raya Idul Fitri.

“Dari 42 Armada yang kita punya yang perhariya 56-57 ret akan mengubah jam operasional pengangkutan sampah jelang hari raya, Hari biasa mulai Pukul 08.00 pagi – 17.00 Wita Sore, nanti saat mulai malam lebaran kita akan mengangkut sampah mulai Habis Magrip sampai Pukul 03.00 dini hari,” terangnya.

Dengan begitu, pelayanan pengangkutan sampah, baik sampah di lingkungan warga maupun sampah pasar bisa dilakukan lebih maksimal.

“Karena jangkauannya juga lebih luas. Warga juga bisa lebih fokus beribadah di Bulan Ramadhan tahun ini, biar kami selesaikan permasalahan ini,” tutupnya.(putra)

Editor : Amran

To Top