Berita Utama

Update Covid-19 di HSU, 25 Pasien Dinyatakan Sembuh

Update Situasi Covid-19 HSU (foto : dinkes hsu)
AMUNTAI, klikkalsel.com – Kendati jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terus bertambah, namun kabar baik dari perkembangan penanganan wabah ini patut disyukuri karena ada 25 pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh.
Diketahui dari ke 25 Pasien sembuh tersebut yaitu 1 pasien asal Desa Padang Darat, Kecamatan Amuntai Selatan, 2 pasien asal Palampitan Hulu dan 1 pasien warga Muara Tapus Kecamatan Amuntai Tengah.
Sedangkan data sembuh yang lainnya yaitu telah sembuhnya 12 pasien Tenaga Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Alabio Kecamatan Sungai Pandan.
Baca Juga : Pembakal Unyil Desa Jirak Tabalong Tewas Ditembak, Polisi Buru Pelaku
Pada hari ini, Kamis, (25/6/2020) kembali adanya pasien sembuh yang dikarantina di Bapelkes Banjarbaru sebanyak 9 orang, terdiri 7 orang Tenaga Kesehatan PKM Babirik, Amuntai Selatan dan Banjang, 1 orang ASN Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten HSU dan 1 orang ASN Kantor Kecamatan Banjang.
Pasien yang telah dinyatakan sembuh ini, totalnya yaitu sebanyak 25 orang, sementara dalam perawatan 58 orang, postif 87 orang (hasil pemeriksaan Swab/PCR) dan meninggal 4 orang. Untuk jumlah ODP 1 orang, ODP Selesai Pemantauan152 orang, OTG 115 orang, ODR 2757 orang dan PDP 5 orang.
Plt. Kepala Dinkes Kabupaten HSU dr. H. Agus Fidliansyah saat dikonfirmasi media ini, dukungan dan perhatian dari berbagai pihak termasuk masyarakat sekitar, baik itu dilingkungan tempat tinggal dan kerja merupakan salah satu formula dalam masa pengobatan dan karantina karena Covid-19 ini, apalagi dukungan secara psikologis bagi pasien Covid-19 menjadi media untuk menghindari stres dan depresi.
“Stres maupun depresi dapat menurunkan daya tahan tubuh, padahal dengan daya tahan tubuh yang baik dan kuat menjadi faktor penting dalam pengobatan dan perawatan pasien Covid-19 ini,” ungkapnya.
Ia menambahkan, katanya, hal itu sudah menjadi kewajiban untuk memberikan dukungan bagi pasien Covid-19 dan keluarganya.
“Setidaknya dengan memberikan dukungan moril melalui sikap yang tidak sinis dan mengucilkan dari pergaulan sehari-hari,” tuturnya.
Dirinya berharap, mudah-mudahan melalui media ini, dapat membantu memberikan penjelasan kepada masyarakat agar tidak menstigma negatif yang berlebihan kepada penderita Covid-19.
“Penyakit ini dapat mengenai siapa saja dan penyakit ini juga dapat sembuh, juga terlebih kepada mereka yang sudah sembuh, tentunya tidak akan menularkan penyakit tersebut kepada orang lain, karena ditubuhnya tidak ada lagi virus,” tukasnya.
Tak lupa, dirinya juga selalu mengingatkan masyarakat, untuk melaksanakan protokol kesehatan dengan baik yaitu dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun serta menerapkan social dan physical distancing, sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten HSU.(doni)
Editor : Amran
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top