Banjarmasin

Upaya Normalisasi Sungai, 10 Unit Jembatan di A Yani Telah Dibongkar

Upaya Normalisasi Sungai, 10 Unit Jembatan di A Yani Telah Dibongkar

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Guna melakukan Normalisasi Sungai di Banjarmasin, Pemko Banjarmasin sudah melakukan pembongkaran sepuluh unit jembatan yang di anggap mengganggu arus sungai di sepanjang Jalan A Yani.

Hal tersebut disampaikan Ketua Satgas Normalisasi Sungai dan Penanggulangan Banjir, Doyo Pudjadi. Ia mengatakan bahwa sejak awal dibentuk, Satgas Normalisasi Sungai dan Penanggulangan Banjir, pihaknya telah membongkar sedikitnya 10 unit jembatan di sepanjang Jalan A Yani.

Ia mengklaim bahwa jembatan tersebut dianggap telah mempersempit dan menghambat aliran sungai, sehingga sangat berpotensi membuat banjir.

“Sampai hari ini sudah ada 10 jembatan yang dibongkar. Mulai dari kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalsel sampai TVRI,” ujar Doyo, Senin (22/2/2021).

Menurutnya, hingga saat ini pihaknya masih menempatkan dua unit alat berat di kawasan A Yani untuk melanjutkan pembongkaran bangunan yang dianggap mempersempit aliran sungai.

Selain di Jalan A Yani, Doyo juga mengatakan bahwa di kawasan Jalan Veteran, pihaknya juga menempatkan satu unit alat berat untuk melakukan pengerukan sungai dan pembongkaran jembatan-jembatan kecil.

“Ini terus kita lakukan, di Jafri Zam Zam juga kita sudah lakukan, dan besok kita melakukan pengerukan di Sungai Tatas di samping Rumah Dinas Kapolda Kalsel dan Sabilal Muhtadin,” jelasnya.

Selain itu, doyo juga menegaskan bahwa pihaknya dalam melakukan pembongkaran tidak tebang pilih, dan bahkan dalam melakukan normalisasi sungai tersebut ia mengklaim telah membuat prototype jembatan pengganti.

Pembuatan prototype jembatan tersebut disampaikan Doyo bahwa pihaknya bekerjasama dengan ikatan ahli konsultan jembatan dan jalan.

“Kita sudah rapat. Untuk di Jalan A Yani dan Veteran telah dibuat prototype jembatan, dimana jalannya melengkung dan ketinggiannya 60 CM di atas permukaan air ketika kondisi pasang. Sehingga pembersihan sungai kedepannya mudah,” pungkasnya. (fachrul)

Editor: Abadi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top