Banjarmasin

UNBK untuk Mengukur Kemampuan Siswa

BANJARMASIN, klikkalsel – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) serempak yang dilaksanakan selama empat, mulai Senin hari ini, 1,2,3 dan 8 April 2019 oleh SMA/MA sederat.

Dianggap Plt Kepala SMAN 11 Banjarmasin Tumiran, UNBK tersebut sebagai pemetaan atau mengukur kemampuan para siswa-siswa. Sebab, persiapan menghadapi UNBK sudah disiapkan sebelumnya.

“Beberapa waktu sebelumnya kami telah mempersiapkan UNBK tersebut dengan pelatihan-pelatihan dan juga dari perangkat komputer dan teknis lainnya sudah disipkan,” jelasnya.

Baca Juga : Perangkat Komputer Terbatas, Terpaksa UNBK Digelar Lebih Satu Sesi

Menurut dia, SMAN 11 Banjarmasin memiliki 85 unik komputer yang menjadi alat siswa dalam melakukan ujian tersebut.

“Untuk siswa yang ikut sebanyak 240 jika tiga sesi, artinya memenuhi untuk para siswa mengikuti UNBK tersebut,” katanya Senin (1/4/2019).

Dijelaskannya, dari UNBK tersebut ada mata pelajaran jurusan atau pilihan untuk diujikan, yakni di hari terakhir ujian di mana siswa kebanyakan lebih senang memilih kalau IPA – Biologi dan IPS-Sosiologi. “Mungkin kedua mata pelajatan tersebut tidak banyak rumusnya,” imbuhnya.

Tumiran mengatakan, SMA di Kota Banjarmasin semua telah mandiri. “Kalau sebagai perbandingan tes dalam ujian masuk perguruan tinggi kembali kepada siswanya,” katanya lagi.

Sementara Ketua SMAN 8 Banjarmasin Hafizah mengatakan, UNBK sebagai uji kemampuan bagi siswa-siswi dengan standar pendidikan yang telah ditetapkan dan pada dasarnya UNBK adalah sebuah sistem ujian nasional di mana dalam pelaksanaannya menggunakan media komputer.

“selain itu akan mempermudah sekolah untuk melakukan pelaksanaan kegiatan ujian nasional dan meningkatkan sumber daya manusia mengikuti perkembangan zaman menggunakan perangkat komputer,” katanya (azka)

Editor : Farid

To Top