ULM Siapkan Dana 20 Miliar untuk Mencari 50 Guru Besar

Prof Dr Hj Aslamiah, MPd (Tengah) usai dikukuhkan berfoto bersama dengan Rektor dan Dekan ULM (foto : azka/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalslel.com- Universitas Lambung Mangkurat (ULM) harus memliki 100 tenaga pengajar yang bergelar profesor untuk mendorong bidang akademik, penelitian, pengabdian masyarakat, publikasi dan Inovasi.

Hal tersebut dikatakan Rektor ULM Prof Sutarto Hadi usai pengukuhan dan sidang terbuka senat ULM guru besar Prof Dr Hj Aslamiah, MPd di aula Rektorat ULM, Senin (14/10/2019).

“Ini guru besar yang ke 49 dimiliki ULM dan kita terus meningkatkan dosen-dosen lainnya,” kata Sutarto.

Saat ini tenaga dosen yang mengajar di ULM ada sebanyak 1.200, diantaranya 320 sudah bergelar Doktor, bahkan ditahun 2020 ULM akan mengucurkan dana sebesar Rp20 miliar untuk dana riset, penelitian dalam meningkatkan Sumber Daya manusia (SDM) dan pastinnya gelar-gelar profesor maupun Doktor akan terus bertambah.

“Target kita akan menambah guru besar sebanyak 50 orang ke depannya. Dengan dana yang besar tersedia silakan dosen-dosen yang muda dimana karya-karya tulis serta penelitianya sudah terkenal tidak hanya di ULM tapi juga nasional untuk mempercepat menjadi seorang guru besar,” ucap Sutarto.

Sementara itu, Prof Dr Hj Aslamiah, MPd usai dikukuhkan mengatakan, gelar yang didapat merupakan hasil penelitian Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan berjudul Pendidikan Unggul di Era Revolusi Industri 4.0 (Perpestif Kepemimpinan Kepala Sekolah).

Kemajuan suatu sekolah ditentukan oleh kepala sekolah dimana seorang kepala sekolah harus meberdayakan SDM yang ada disekolahnnya.

“Meningkatkan mutu, meningkatkan kemajuan sekolah, merupakan tugas kepala sekolah” katannya.

Ia juga berharap kepada dosen pengajar yang lebih muda agar terus meningkatkan potensi serta karyanya dalam dunia pendidikan.

“Mudahan apa yang saya peroleh menjadi motifasi kawan-kawan untuk bisa meningkatkan prestasi dan potensinnya,” imbuhnya.(azka)

Editor : Amran