Truk Penyapu Jalan Seharga Rp3,2 Miliar Digunakan untuk Menyapu Jalan Protokol di Tabalong

Truk penyapu jalan milik DLH Tabalong. (foto : arif/klikkalsel)

TANJUNG, klikkalsel.com- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tabalong kini memiliki satu unit truk penyapu jalan. Truk tersebut siap menyapu bersih jalan-jalan protokol di Tabalong.

Truk dengan daya tampung empat metric kubik debu dan pasir itu dibeli dengan harga menohok, yakni mencapai Rp3,2 Miliar.

Kepala DLH Tabalong, Rowi Rawatianice mengatakan, saat ini truk baru tersebut sedang dalam tajap uji coba selama tiga bulan ke depan dan masih melatih calon operatornya.

“Uji coba ini untuk mencari formula yang paling bagus, kaitan dengan teknis penyapuannya, rutenya dan lama waktunya bekerja. Jadi tiga bulan kami minta waktu uji coba setelah itu baru stabil jalannya,” kata Rowi.

Rowi menjelaskan, pengadaan truk penyapu tersebut erat kaitannya dengan kondisi jalan di Tabalong yang jika dalam waktu satu minggu saja tidak dibersihkan maka debu dan pasirnya akan sangat banyak berserakan.

Selain itu dengan adanya truk penyapu jalan juga dapat lebih mengefektifkan serta meringankan pekerjaan para pekerja penyapu jalanan.

“Tadi kita ujicoba dari Simpang Samsat Ke Aston terus balik lagi ke Simpang Samsat kalau dengan tenaga manusia 10 orang akan memakan waktu empat hari, kalau dengan truk ini hanya memakan waktu 1,5 jam,” terangnya.

Lebih lanjut ia berharap dengan adanya truk tersebut paling tidak wajah ibu kota Kabupaten kebersihannya dapat lebih terjaga.(arif)

Editor : Amran