Banjarmasin

Tokoh Berbagai Elemen Buka Suara Dukung Paman Birin Termasuk Sinyal dari Hasnuryadi Sulaiman

BANJARMASIN, klikkkalsel.com – Menyosong pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), dukungan kepada Sahbirin Noor bermunculan dari berbagai tokoh dari masyarakat hingga tokoh agama.

Tak hanya itu, sinyal dukungan tokoh muda banua Hasnuryadi Sulaiman juga mengarah ke Paman Birin sapaan akrab Sahbirin Noor putrasa asli banua kelahiran Sungai Jingah, Banjarmasin.

Terbaru, Ketua Umum Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) Pusat, Yuni Abdi Nur Sulaiman yang merupakan putra pasangan tokoh banua H Abdussamad Sulaiman dan Hj Nurhayati, secara terbuka menyampaikan dukungan untuk Paman Birin. Ia menilai sosok Paman Birin memiliki jiwa pemimpin yang sabar, gigih, serta dekat dengan masyarakat dan ulama.

“Paman Birin adalah sosok pemimpin. Beliau juga sosok orang tua. Sosok kakak, juga sosok teman dan sahabat. Paman Birin bukan orang lain. Beliau adalah kakak saya dunia akhirat karena beliau diangkat abah saya, almarhum Ayahanda Haji Abdussamad Sulaiman bin Haji Basirun sebagai anak angkat beliau dunia akhirat,” tutur Yuni yang akrab disapa Haji Iyun, Selasa (27/4/2021).

Dia mengatakan, almarhum ayahnya bahkan berpesan secara khusus kepadanya agar mengormati Paman Birin selayaknya kakak.

“Itu kakak kamu tertua ya, jadi kamu hormatin. Kakak kamu Birin itu akan membimbing kamu, mengayomi kamu. Jadi kalian rakatlah. Kalian harus rukun, namanya juga kakak beradik. Nah jadi Paman Birin bukan orang lain,” imbuhnya Yuni mengenang amanah sang ayah.

Selain Yuni, putra H Abdussamad Sulaiman ke-4 yakni Hasnuryadi Sulaiman juga memberikan sinyal dukungan kepada Paman Birin. CEO Barito Putera ini sempat menggelar ‘Laga Badangsanakan’ Stadion Demang Lehman, Martapura, dengan Paman Birin yang jua merupakan Dewan Pembina Barito Putera, pada Jum’at 23 April lalu.

“Pertandingan bedangsanakan ini seperti Sungai Jingah Kampung Melayu, yang hasilnya adalah kegembiraan,” tutur Paman Birin dampingi Hasnur.

Eksibisi yang masih dalam suasana Harlah ke -33 Barito Putera itu, Paman Birin dan Hasnur bahkan ikut bermain. Sebagai sinyal dukungan buat Paman Birin, para pemain Barito Putera Legend bersama Hasnur dan Paman Birin, mengabadikan momen dengan meneriakkan yel, “Barito Putera Juara Satu!!!,”.

Tak hanya itu, dukungan terbuka dan doa disampaikan para ulama dan habaib. Diantaranya, Guru H Ahmadi Hamid LC dan para Guru Pondok Pesantren Syekh M Arsyad Al-Banjary, Dalam Pagar, Martapura.

“Kami mewakili panitia Haul Datu Kalampayan dan guru-guru Ponpes Syekh M Arsyad Al-Banjary mengucapkan terima kasih atas bantuan Paman Birin selama ini, baik untuk acara haul Datu Kalampayan maupun pembangunan Ponpes. Mari kita doakan bersama untuk kemenangan Paman Birin dalam PSU nanti dan terpiih kembali menjadi gubernur sehingga bisa menyelesaikan pembangunannya sesuai yang direncanakan. Aamiin Ya Rabbal Alamin,” ungkap Guru H Ahmadi.

Kemudian, dukungan terbuka juga disampaikan Habib Hasan Bahasyim atau Munsyib Bahasyim untuk Paman Birin.

“Kita kada pernah mendukung 02, (Denny Indrayana) bertamu aja di sini. Kita tetap dengan Paman Birin. Kita kada ke mana-mana lagi, tetap Paman Birin. Rasa nyaman sudah. Sudah 1 periode kita menikmati,” tutur Habib Hasan Bahasyim di kediamannya, Martapura, Sabtu malam (17/4/2021).

Dukungan Munsyib Bahasyim kemudian diikuti Habib Fathrurahman Bahasyim.

“Alhamdulillah berkumpul dengan ding sanak ulun Paman Birin. Insya Allah, mudah-mudahan Allah mengabulkan hajat beliau. Mudah-mudhan seluruh rakyat Kalsel mendukung Paman. Mudah-mudahan hajat kita semua, hajat Paman, hajat ulun, hajat pian seberataan dikabulkan Allah SWT. Aamiin, aamiin yra,” kata Habib Fathur.

Dukungan lebih tegas dan terbuka disampaikan KH Muhammad Wildan Salman atau Guru Wildan, Pimpinan Pondok Pesantren dan Tahfidz Al Qur’an Darussalam, Martapura.

“Jangan lupa hari pencoblosan 9 Juni (PSU). Janganlah mempercayai medsos yang sumbernya tidak diketahui, karena ini masa fitnah yang sumbernya tidak tahu,” imbau Guru Wildan.

Bahkan Guru Wildan mengaku telah mempelajari, meneliti dan mengkaji cagub 01 dan cagub 02.

“Aku tentang paslon 1 dan paslon 2 sudah mengkaji, mempelajari, mengetahui kedua paslon. Kalau paslon 2 mau berpasangan sama kakakku. Nah kakakku sudah mempelajari siapa calon nomor 2, kemudian pulang dan beliiau tanya-tanya ke orang. Kemudian diteliti dan dikaji kemudian memutuskan. Kalau aku sih dalam agama, kita wajib memilih nomor 1. Sudah dijamin. Aku sudah mengetahui, melihat, menyaksikan paslon 1 ini bersih tidak ada korupsinya,” pungkas Guru Wildan.

Sementara itu, untuk diketahui, putusan Mahkamah Konstitusi pada Maret lalu, terdapat 7 kecamatan yang harus menggelar PSU. Tujuh kecamatan itu adalah Kecamatan Banjarmasin Selatan (Kota Banjarmasin), Kecamatan Sambung Makmur, Kecamatan Aluh-Aluh, Kecamatan Martapura, Kecamatan Mataraman, dan Kecamatan Astambul (Kabupaten Banjar) dan Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin. 

Total TPS dari 7 kecamatan tersebut adalah sebanyak 827 TPS. Kabupaten Banjar zona tergemuk dengan jumlah 502 TPS, selanjutnya Kota Banjarmasin 301 TPS dan Kabupaten Tapin 24 TPS.(rizqon)

Editor : Amran

To Top