Tinjau Rencana Pembangunan PLTS

Ismail Hidayat, Anggota DPRD Kalsel (foto : elosyarif/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) berencana membangun Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS). Komisi III DPRD Kalsel segera turun ke lapangan meninjau rencana pembangunan pembangkit listrik tersebut.

Ismail Hidayat, Anggota DPRD Kalsel (foto : elosyarif/klikkalsel)

“Sesuai jadwal 1 hingga 3 Maret 2018, kami akan kunjungan kerja ke Tanbu untuk melihat sejauhmana pembangunan PLTS di kabupaten tersebut,” ujar Anggota Komisi III DPRD Kalsel Ismail Hidaya sebelum bertolak ke Tanbu, Kamis (1/3/2018).

Diakui politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, untuk membangun PLTS membutuhkan dana besar. Sayangnya, wakil rakyat yang akrab disapa Dayat ini tak bisa menyebut angka pembangunan PLTS dalam skala besar.

“Ini alternatif penyediaan energi kelistrikan masa depan, karena sumber daya tersebut tidak akan habis bila dibandingkan dengan batu bara, serta minyak dan gas,” lanjutnya.

Selain itu, biaya produksi mungkin relatif murah. Sehingga dalam pengenaan tarif pemakaian bagi masyarkakat juga bisa lebih ringan.”Untuk pembangunan butuh dana besar, tapi operasionalnya jauh lebih murah,” sebut Dayat.

Hal itu bisa jadi acuan daerah lain di Kalsel untuk juga membangun PLTS. Sebab kalau terus mengandalkan sumber daya alam sebagai pembangkit listrik, lama ke lamaan pasti akan habis.(elo syarif)

Editor : Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.