Timsel Pastikan Materi Tes CAT Tidak Bocor

Pengamat politik FISIP ULM, DR Andi Tenri Sompa. (foto : istimewa)

BANJARMASIN, klikkalsel– Penjaringan calon anggota KPU Kalsel sudah masuk tahap tes Computer Assisted Test (CAT). Uji kemampuan berbasis komputer ini dijadwalkan berlangsung, Rabu (7/3/2018) di Politeknik Negeri Banjarmasin.

Ketua Timsel penjaringan anggota KPU Kalsel, DR Andi Tenri Sompa.

Ketua Tim Seleksi penjaringan calon anggota KPU Kalsel, DR Andi Tenri Sompa menyampaikan, tahapan ini merupakan langkah calon komisioner menuju tahap seleksi psikotest.

“Jadi akan kita cari 35 orang. Jika mereka lulus dalam tahapan seleksi berbasi computer ini akan lanjut pada tahap berikutnya, psikotes,” tutur Andi Tenri Sompa, Selasa (6/3/2018).

Tahapan ini ditambahkannya tidak akan terjadi kesamaan rangking antara peserta. Karena yang menjadi penilaian bukan hanya sekadar ketepatan menjawab, tapi juga kecepatan.

“Walau antara peserta jawabannya sama-sama benar, tapi kita juga akan lihat kecepatan mereka menjawab, sehingga tidak akan terjadi kesamaan rangking,” jelasnya.

Dosen FISII ULM ini juga menekankan, tes CAT ini tidak akan terjadi kebocoran soal, karena baik pihak Timsel maupun Sekretariat KPU Kalsel tidak ada yang mengetahui bentuk maupun jumlah soal.

“Password untuk membuka server akan diberikan besok saat tes dilaksanakan, jadi hampir tidak mungkin terjadi kebocoran soal,” ucapnya

Selain itu kata dia, bahwa usai menjalani tes ini peserta akan langsung mengetahui nilainya. “Jadi langsung kita umumkan, karena akan langsung ketahuan nilainya,” imbuhnya.

Ditanya mengapa tes CAT ini dilaksankan di Kampus Poliban, menurutnya, Poliban memenuhi syarat seperti penyediaan jumlah dan spesifikasi komputer yang akan digunakan.(david)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.