Tim Serasi Mebasad Tinjau Lahan Rawa di Kecamatan Pugaan Tabalong

Dandim 1008/Tanjung Letkol Arm Edy Susanto (kiri) mendampingi Ketua Tim Serasi Mebesad Kolonel Inf Iwan Setiawan (kanan) saat meninjau langsung lokasi optimalisasi lahan rawa di wilayah Kabupaten Tabalong (foto : istimewa)

TANJUNG, klikkalsel – Tim Selamatkan Rawa Sejahterahkan Petani (Serasi) dari Mabes Angkatan Darat (Mabesad) melakukan kunjungan ke wilayah Koramil 1008-06/Banua Lawas Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong, Minggu (16/6/2019).

Kegiatan kunjungan tersebut mendapatkan pendampingan langsung Komandan Kodim 1008/Tanjung Letkol Arm Edy Susanto.

Damdin 1008/Tanjung Letkol Arm Edy Susanto mengatakan, kedatangan Tim Serasi dari Mabesad tersebut dalam rangka meninjau lokasi optimalisasi lahan rawa di wilayah Kabupaten Tabalong, tepatnya di desa Sei Rukam I Kecamatan Pugaan.

“Kegiatan Serasi merupakan tindak lanjut dari Kementan RI, mendapat apresiasi dari berbagai pihak dalam mengolah rawa menjadi lahan pertanian produktif contohnya di wilayah Jejangkit Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan,” jelasnya.

Dalam rombongannya, tim Serasi Mebsad antara lain Kolonel Inf. Iwan Setiawan, Kolonel Kav. Setiawan Aris Munandar. Selain itu juga tutur berhadir Kabid PSP Kabupaten Tabalong, Kasi pengairan dan pengolahan lahan, Danramil dan perwira Kodim 1008/Tanjung, Babinsa, Camat Pugaan dan kelompok tani Mekar Sari.

“Kodim 1008/Tanjung, Danramil dan Babinsa beserta Penyuluh Pertanian dan Poktan siap membantu dan bekerjasama mengoptimalkan lahan pertanian di wilayah Kabupaten Tabalong,” imbuh Damdim.

Sementara itu, Ketua Tim Serasi Kolonel Inf Iwan Setiawan mengatakan, program ini merupakan pemanfaatan lahan rawa yang nantinya dapat terintegrasi antar lahan ternak, kebun dan sawah, di mana Kabupaten Tabalong menjadi daerah penyangga atau cadangan.

“Ke depannya melalui program ini dapat mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai lumbung padi,” pungkasnya . (arif)

Editor : Farid