HSU

Tim Monev Kalsel Imbau Rumah Ibadah di HSU Terapkan 5 M

AMUNTAI, klikkalsel.com – Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), melaksanakan Monev dengan para pengurus masjid, terkait penerapan protokol kesehatan di rumah ibadah di kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Kedatangan Tim Monev Kalsel yang terdiri dari Gugus Tugas Provinsi Kalsel, Dinkes, Bidang Fatwa MUI Kalsel dan Kakanwil Kemenag Kalsel ini, disambut Kepala Kantor Kemenag HSU H Yusran, Kepala BPBD HSU Sugeng Riyadi, Kabag Kesra Pemkab HSU, H Hermani Johan dan Ketua MUI HSU KH Said Masrawan, serta para Pengurus Mesjid se Kabupaten HSU, di Aula Kantor Kemenag Kabupaten HSU.

Kepala Kemenag HSU, H Yusran dalam sambutannya bersyukur dan menyambut baik kegiatan ini, dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Ia menyampaikan, dalam pelaksanaan aturan protokol kesehatan di tempat ibadah di wilayah Kabupaten HSU selama ini telah menerapkan aturan wajib masker, jaga jarak, dan menyediakan tempat cuci tangan.

“Dari total 121 buah Masjid dan total 651 buah Langgar (Surau) yang tersebar di 10 Kecamatan di Kabupaten HSU, kita harapkan seluruh masyarakat sudah mengetahui dampak Covid-19, tidak hanya saat beribadah saja menggunakan masker, tetapi juga segala aktivitas lainnya dirumah sesuai dengan adanya Perbup,” terangnya.

Seiring dengan itu, Kabag Kesra Pemkab HSU H. Hermani Johan juga menyampaikan, dalam hal penerapan disiplin protokol kesehatan ini sesuai dengan terbitnya Perda Bupati HSU tentang wajib menggunakan masker di wilayah Kabupaten HSU ketika beraktivitas di luar rumah.

“Adanya Perda tersebut dapat mendorong masyarakat HSU, agar mentaati dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab, sehingga nantinya masyarakat tidak didapatkan masyarakat melanggar peraturan ini,” tuturnya.

Sementara itu, pimpinan Tim Monev Kalsel Mustajab mengatakan, kunjungan ini dalam rangka melihat gambaran real di tengah masyarakat terkait pelaksanaan keagamaan di rumah ibadah khususnya di Kabupaten HAU.

“Yang lebih penting lagi dari kegiatan ini, diharapkan dapat menerima masukan, saran dan aspirasi dari masyarakat khususnya pengelolaan rumah ibadah, kendala apa yang ditemukan terkait penerapan protokol kesehatan di rumah ibadah,” jelasnya.

Ia juga mengharapkan, pelaksaanan disiplin protokol kesehatan ini juga dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, meliputi 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan melaksanakan hidup bersih dan sehat.

Selain melaksanakan Monev dalam kesempatan ini, Tim Monev Provinsi Kalsel juga menyerahkan bantuan ribuan masker untuk rumah ibadah di Kabupaten HSU. (doni)

Editor : Akhmad

block id 8627 site klikkalsel.com - PC/Mob
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top