Tiga Unit Pelayanan Teknik di Banjarmasin Diresmikan

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina didampingi Kepala BPKPAD usai meresmikan UPT Pajak Daerah yang berlokasi Jalan Pramuka, Banjarmasin Timur

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Tiga Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pajak Daerah, Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Banjarmasin yang berada di Jalan Pramuka, Gang Kasturi, Kecamatan Banjarmasin Timur, resmi dibuka Walikota Banjarmasin.

Peresmian oleh Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, ini didampingi Kepala BPKPAD Banjarmasin Edy Wibowo.

Menurut Ibnu Sina, peresmian UPT di Jalan Pramuka ini dilakukan secara simbolis sekaligus dengan dua UPT pajak daerah lainnya.

“Peresmian kita pusatkan di Banjarmasin Timur, sekaligus juga UPT di Banjarmasin Selatan dan Banjarmasin Utara,” ujarnya Rabu (14/12/2022).

Ia pun berharap, keberadaan UPT ini bisa mendekatkan pelayanan pajak ke masyarakat. “Kita harap masyarakat makin taat bayar pajak. Karena pajak dipakai untuk membangun Kota Banjarmasin,” harapnya.

Ia bahkan mengapresiasi UPT yang dibangun di kawasan Jalan Pramuka tersebut, lantaran untuk pelayanan sudah ramah difabel dan dilengkapi dengan guiding block.

Baca Juga : Dewan Apresiasi Kinerja BPKAD Banjarmasin

Baca Juga : Simpan 41 Paket Narkoba Pekerja Swasta di Banjarmasin ini Diringkus Polisi

“Ini sangat representatif, apalagi sudah ramah difabel. Sampai saya cek ke toilet, ada toilet khusus disabilitas,” terangnya.

Sementara itu, Kepala BPKPAD Banjarmasin, Edy Wibowo menyampaikan, pelayanan yang disediakan di UPT yakni seluruh pelayanan pajak daerah.

“Semua kita layani seperti Pajak PBB, BPHTB, Hotel, Restoran dan Pajak Parkir,” bebernya.

Edy juga menambahkan, bahwa pembangunan kantor UPT Pajak Daerah menghabiskan biaya sekitar Rp 400 juta, yang bersumber dari APBD 2022.

“Kalau disini (Banjarmasin Timur) dan Utara bangunan baru. Sedangkan kantor UPT Pajak Daerah di Banjarmasin Selatan itu bekas bangunan puskesmas pembantu yang kite renovasi,” ujarnya.

“Kita merubah pola kerja. Sekarang kita jemput bola mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga pajak juga familiar dikenal oleh masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, UPT Pajak Daerah ini, akan operasional hingga hari Sabtu. Bahkan pihaknya juga menyediakan mobil layanan ke lokasi-lokasi wisata setiap akhir pekan.

“Kita berusaha meningkatkan PAD. Strateginya dan inovasinya juga sudah kita susun. Seperti digitalisasi sistem dan mendekatkan pelayanan. Termasuk juga kita adakan undian-undian,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Amran