Tiga Tim Dikerahkan Verifikasi Parpol

VERIFIKASI - Tim verifikasi di kantor PKB Kalsel. (baha/klikkalsel)
VERIFIKASI – Tim verifikasi KPU Kalsel saat di PKS Kalsel.(baha/klikkalsel)

 

BANJARMASIN, klikkalsel – Hari pertama verifikasi faktual, Minggu (28/1/2018), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel menyambangi markas sejumlah partai politik (parpol) di daerah ini.

Verifikasi sendiri berlangsung 3 hari hingga 30 Januari 2018.”Pada hari pertama kita menurunkan tiga tim,” ujar Samahuddin Muharram, Ketua KPU Kalsel usai melakukan verifikasi faktual di DPD Partai Golkar Kalsel.
Ia sendiri sebagai ketua tim 1 mendatangi markas PDIP di Simpang Belitung, PKB di Sultan Adam, Simpang Sungai Andai, juga DPD Partai Golkar Kalsel yang berada di Jalan Lambung Mangkurat.
VERIFIKASI – Tim verifikasi di kantor PKB Kalsel. (baha/klikkalsel)
Sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Verifikasi dilkaukan kepada semua partai politik, baik baru maupun yang lama.”Tim akan mendatangi kantor partai politik dari tanggal 28-30 Januari 2018,” ujar Samanhuddin.
Dikemukakannya kembali, jika ada parpol yang belum lengkap baik itu administrasi akan diberikan waktu perbaikan dari 3 Februari hingga 5 Februari 2018. Pada tanggal yang bersamaan 3-5 Februari dilaksanakan verifikasi parpol kabupaten/kota.
Pada 6 Februari 2018, tekan Samanhuddin, pihaknya menyerahkan hasil verifikasi faktual ke KPU RI.”KPU RI lah nantinya yang akan menentukan parpol bisa ikut Pemilu 2019 mendatang.
Sementara komisioner KPU Kalsel Nur Kholis Majid menekankan, tak mesti partai lama bisa kembali jadi peserta Pemilu.”Begitu juga sebaliknya, partai baru bisa saja menjadi peserta pada pesta demokrasi 5 tahunan. Semua keteantuan ada pada KPU RI,” ujarnya selepas melakukan verifikasi faktual di DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jalan A Yani Km 5 Banjarmasin.
Dia menekankan fungsi verifikasi faktual memang membantu parpol untuk bisa menjadi peserta Pemilu 2019. Namun semua tergantung kesiapan parpol sendiri.
Untuk Kalsel, pihaknya melakukan verifikasi faktual 14 parpol, baik yang baru maupun yang lama.
Sementara Ketua DPW PKS Kalsel, Ja’far yakin pihaknya tak akan diminta memperbaiki data.”Data kita lengkap, termasuk 30 persen keterwakilan perempuan,” tekannya.(elo syarif)
Editor : Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.